Saturday, 4 May 2024
HomeNasionalPuasa Nisfu Syaban Kapan? Ini Jadwalnya Sebelum Ramadhan

Puasa Nisfu Syaban Kapan? Ini Jadwalnya Sebelum Ramadhan

Bogordaily.net kapan? Puasa ini biasanya dilaksanakan sebelum puasa Ramadhan. Tepatnya pada pertengahan bulan Syaban yakni tanggal 15 Syaban. Lalu kapan jadwal 2023?

Dikutip dari laman Suara.com, menurut kalender Hijriah Indonesia yang disusun Kemenag RI, jadwal 2023 jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 dan Rabu, 8 Maret 2023.

Bulan Syaban dan khususnya malam termasuk ke dalam 15 malam istimewa dalam Islam. Selain melaksanakan puasa, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah salat sunnah 100 rakaat.

Dalam setiap rakaatnya, umat Islam harus membaca surat Al-Fatihah dan surah Al- Ikhlas sebanyak 10 kali.

Baca Juga: Bertabur Berkah dan Ampunan, Yuk Lakukan Amalan pada Malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban, umat Islam dianjurkan meningkatkan perbuatan amal baiknya. Misalnya melaksanakan salat sunnah tahajud, membaca Al-Qur'an, memanjatkan salawat, memanjatkan doa untuk para orang tua yang telah meninggal dan untuk para leluhur serta melaksanakan puasa Syaban.

Niat

Jika akan melaksanakan , berikut ini bacaan niat :

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an adai sunnati Sya'bana lillahi ta'ala.

Artinya: “Saya niat puasa sunah Syaban hari ini karena Allah Ta'ala.”

memiliki keistimewaan. Diisyaratkan oleh Nabi Muhammad saw. Berdasarkan hadis riwayat An Nasa'i, Ahmad, dan sanadnya dihasankan Syaikh Al Albani, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan dimana amal-amal diangkat menuju Rab semesta alam. Dan saya ingin ketika amal saya diangkat, saya dalam kondisi berpuasa.”

Selain itu Allah Swt. juga mengampuni dosa-dosa orang pada malam Nisfu Syaban. Terutama dosa orang-orang yang melaksanakan . Hal itu disampaikan dalam hadis shahih dari Abu Musa Al Asy'ari radhiallahu ‘anhu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya'ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibn Majah, At Thabrani, dan dishahihkan Al Albani).

Keistimewaan lainnya , yakni dibukanya pintu surga. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here