Thursday, 18 April 2024
HomeOtomotifPusing Kunci Mobil Tiba-tiba Tidak Terdeteksi, Coba Cek Ini!

Pusing Kunci Mobil Tiba-tiba Tidak Terdeteksi, Coba Cek Ini!

Bogordaily.net – Pusing kunci mobil tiba-tiba tidak terdeteksi? Mungkin Anda harus mulai memeriksa beberapa variabel ini agar bisa kembali normal seperti sedia kala.

Masalah ini pasti akan sangat menjengkelkan, karena kunci yang biasanya baik-baik saja mendadak error tidak bisa digunakan. Apalagi, jika sedang terburu-buru menuju sebuah acara atau pertemuan.

Penyebabnya tentu bermacam-macam. Jika, kamu ingin mengetahui penyebab dan cara memperbaikinya, berikut ini akan diulas seputaran kunci mobil yang bermasalah tersebut.

Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti, supaya bisa mengetahui lebih dini apa penyebab kunci yang tiba-tiba tidak terdeteksi tersebut.

Kunci mobil bisa menjadi alat untuk mempermudah pemilik saat mengunci atau membuka pintu mobil. Kunci ini juga bisa pemilik andalkan untuk menyalakan alarm pada mobil.

Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan sinyal, receiver dan transmitter.

Dan Seiring berjalannya waktu penggunaan, keyless mobil terkadang mengalami masalah dan tidak berfungsi dengan baik.
Salah satu masalah tersebut yaitu tidak terdeteksi.

Tahapan Memeriksa Kunci Mobil yang tiba-tiba tidak terdeteksi

Terdapat berbagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut merupakan solusi untuk mengatasi kunci mobil tidak terdeteksi:

Periksa Baterai Kunci Mobil
Melakukan cek kondisi baterai bisa menjadi solusi untuk mengatasi kunci mobil tidak terdeteksi. Keyless mobil tidak terdeteksi bisa saja terjadi karena harus mengganti baterai.

Umumnya baterai tersebut memiliki umur pakai kurang lebih selama 3 tahun. Anda bisa melakukan cek kondisi baterai masih berfungsi atau tidak. Caranya yaitu dengan menekan tombol alarm pada keyless mobil. Apabila suara yang muncul lemah, berarti bahwa baterai memang sudah lemah.

Segera Baca pada Buku Panduan
Apabila keyless mobil memiliki masalah tidak terdeteksi Anda bisa langsung cek buku panduan. Pada buku panduan umumnya akan terdapat informasi cara mengatasi masalah pada kunci mobil tersebut. Apabila masalah yang terjadi cukup ringan, pemilik bisa langsung mengatasi sendiri.

Baca Juga: Indikator Bensin Motor Tidak Akurat, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Cek Tombol pada Keyless Mobil
Apabila keyless mobil tidak terdeteksi, Anda bisa melakukan cek setiap tombol. Hal tersebut bisa dilakukan supaya mengetahui apakah semua tombol berfungsi atau tidak.

Jika terdapat tombol tertentu yang tidak berfungsi dengan baik padahal sudah melakukan ganti baterai, bisa saja terdapat tombol yang rusak. Apabila hal tersebut terjadi Anda bisa langsung servis di bengkel. Dengan begitu keyless mobil akan berfungsi kembali.

Periksa Frekuensi Dekat Mobil
Melakukan cek frekuensi dekat mobil bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kunci mobil tidak terdeteksi. Frekuensi yang ada di sekitar mobil bisa mempengaruhi fungsi dari keyless mobil.

Apabila mobil berada di sekitar tower pemancar radio atau tower listrik kunci mobil bisa saja tidak terdeteksi. Apabila hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu melakukan servis. Dekatkan keyless mobil dan tunggu sampai terdeteksi kembali.

Penyebab Kunci Tidak Berfungsi
Keyless mobil yang tidak berfungsi umumnya terjadi karena baterai sudah hampir habis. Para pemilik mobil sering tidak menyadari penyebab tersebut.

Apabila baterai keyless mobil hampir habis biasanya akan mengalami respon lambat atau tidak terdeteksi saat pemilik gunakan. Sehingga fungsi dari kunci mobil tersebut bisa saja terganggu.

Ganti Kunci yang Baru
Apabila baterai sudah pemilik ganti tapi kunci masih tidak terdeteksi, bisa saja fungsi remote memang bermasalah. Apabila hal ini terjadi, terdapat solusi yaitu mengganti dengan unit yang baru. Tidak perlu khawatir karena bengkel mobil biasanya akan menyediakan produk tersebut.

Harga yang tersedia untuk keyless juga bervariasi. Dengan begitu kunci mobil Anda bisa berfungsi dengan normal kembali.

Baca Juga: Efek Oli Gardan Kering, Ini yang Bakal Terjadi

Demikian ulasan dan informasi mengenai kunci mobil tiba-tiba tidak terdeteksi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here