Tuesday, 25 June 2024
HomeTravellingRekomendasi Makanan Khas Sunda, Dijamin Ketagihan

Rekomendasi Makanan Khas Sunda, Dijamin Ketagihan

Bogordaily.net–  Rekomendasi makanan khas apa saja? Nah, bagi kalian yang berwisata ke Tanah Pasundan tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati sajian khas Jawa Barat dan pasti bikin ketagihan. Apa saja rekomendasi makanan khas ? Simak yuk, ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Nasi Timbel

Nasi timbel dibungkus dengan daun pisang ini disajikan lengkap dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, ikan, asin, lalapan, dan tentunya sambal terasi.

Karedok

Karedok berbahan dasar sayuran mentah sekilas mirip dengan lotek yang disiram bumbu kacang. Sayuran mentah terdiri dari potongan kacang panjang, kol, tauge, mentimun, terong bulat hijau, dan kemangi. Tambahan potongan tahu goreng, emping, kerupuk, dan siraman bumbu kacang yang gurih jadi racikan sempurna dari karedok.

Karedok
Karedok. (Foto: Sajiansedap.grid.id/Bogordaily.net)

Baca Juga: Resep Karedok Khas Sunda, Praktis dan Menyegarkan

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan yang sudah dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Sebagai lauk pendamping, makanan yang dapat ditemukan dengan mudah di Tasikmalaya ini disajikan dengan ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan, dan tentunya sambal terasi.

Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom. (Foto: Sajiansedap.grid.id)

Bakakak Hayam

Dalam bahasa , hayam yang artinya ayam. Maksud bakaka hayam adalah makanan dengan bahan utama ayam. Cita rasa bakakak hayam cukup unik karena diolah dengan bumbu khusus sebelum kemudian dibakar. Bakakak hayam paling nikmat disantap dengan nasi hangat lengkap dengan sambal dan lalapannya.

Mie Kocok

Mie kocok khas memiliki rasa kuah bening yang khas perpaduan mie, tetelan sapi, serta bawang goreng dan seledri sebagai topping tentu menggugah selera. Mie kocok tentu paling pas disantap saat musim hujan dengan kuahnya yang panas dan mie yang lembut.

Mie kocok
Mie kocok (Envato Elements/Suara.com)

Empal Gepuk

Empal gepuk terbuat dari irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan aneka rempah pilihan. Bumbu empal gepuk umumnya dilengkapi dengan kelapa. Tak mengherankan jika rasanya menjadi gurih dan lezat. Empal gepuk biasa disantap dengan nasi hangat, lalapan, dan tentu sambal.

Surabi

Surabi merupakan salah satu camilan khas . Makanan satu ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dengan tungku dari tanah liat. Cara memasak yang masih tradisional ini membuat surabi memiliki cita rasanya tersendiri. Awalnya surabi hanya disajikan dengan kuah gula merah. Namun saat ini, surabi sudah memiliki berbagai pilihan topping mulai dari coklat, keju, hingga ayam dan kornet.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot berasal dari Cirebon dan terbuat dari potongan tahu Sumedang yang disajikan dengan bumbu cabai yang menggugah selera. Bumbu tahu gejrot sendiri dilengkapi dengan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan kencur. Anda bisa menyesuaikan sendiri loh tingkat kepedasannya.

Angeun Kacang

Angeun kacang artinya sup kacang merah. Makanan khas dari Jawa Barat ini dibuat dari kacang merah yang direbus bersama dengan rempah-rempah yang menguatkan cita rasa sedapnya. Tumisan bawang merah dan putih semakin menyedapkan cita rasa sup kacang merah. Cita rasa gurih, sedikit asam, dan pedas berhasil menggoyang lidah para penikmatnya.

Batagor

Resep batagor
Batagor. (Sajiansedap.grid.id/Bogordaily.net)

Batagor merupakan camilan yang sering dijumpai. Tidak hanya di tanah , tetapi juga di sejumlah daerah. Batagor merupakan jajanan khas yang penamaannya diambol dari singkatan bakso tahu goreng. Bahan dasarnya daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit kemudian diguyur dengan sambel kacang yang lezat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here