Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorRencana Pembangunan Jalur Sepeda di Cibinong, Timbulkan Ragam Komentar

Rencana Pembangunan Jalur Sepeda di Cibinong, Timbulkan Ragam Komentar

Bogordaily.net – Rencana pembangunan di oleh Pemerintah Kabubaten (Pemkab) Bogor, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menibulkan beragam komentar, khususnya dari para pesepeda dan juga para pengendara motor.

Ketua Lipat (SLIC) Hasan Besari meminta, di , harus direalisasikan, dan menjadi prioritas oleh Pemda, tujuannya agar mengurai angka kecelakaan lalu lintas.

“Seharusnya ini bisa dijadikan prioritas untuk kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan khususnya para pesepeda,” ujar Hasan Besari .

Menurutnya, yang terpenting itu adalah keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Terkait rencana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor untuk pembuatan di Jalan Tegar Beriman, Hasan menyebut bahwa, di sepanjang jalan itu masih dirasa aman untuk dilalui oleh moda transportasi ramah lingkungan itu mengingat terdapat jalur lambat yang difungsikan untuk kendaraan yang relatif memiliki kecepatan rendah.

“Untuk jalan Tegar Beriman menurut saya belum perlu adanya mengingat sudah ada jalur lambat yang cukup aman dari kendaraan bermotor,” ungkap Hasan Besari, Jumat 10 Februari 2023

Namun, kata dia, justru area Pakansari yang perlu dibuatkan jalur khusus sepeda sebab, sepanjang jalur tersebut terlihat begitu semerawut dengan banyaknya masyarakat yang lari atau joging tak sesuai dengan tempatnya. Maka dari itu, di area tersebut sangat perlu untuk mempermudah para pengguna sepeda saat melintas.

“Kalau pendapat saya itu lebih baik area Pakansari yang perlu ditambahkan jalur sepeda dikarenakan penggunaan moda transportasi masih menjadi satu pada jalur ini. Belum lagi kadang banyak yang suka lari ke tengah jalan, kalau dibuat jalur khusus sepeda jadi lebih aman,” ucap Hasan.

Disamping tanggapan dari para pesepeda, hal tersebut juga turut dikomentari oleh pengendara motor yang sering melintasi kawasan tersebut.

Salah satu pengendara motor asal Babakan Madang, Alif mengatakan, dirinya setuju apabila rencana jalur sepeda ini dapat terealisasi dengan memperhatikan keselamatan para pengendara.

“Setuju sebenarnya, kalau seandainya sudah ada jalur itu para pengendara motor maupun mobil tidak bisa lewat situ. Jadi lebih memperhatikan keselamatan para pengendara sepeda juga,” ucap Alif.

Terutama, kata dia, di daerah Pakansari juga sudah padat terutama di hari libur atau weekend. Pihaknya menuturkan sering datang dan melintasi jalur itu.

Menurutnya, hal tersebut baik untuk direncanakan di Jalan Tegar Beriman sampai Pakansari agar meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang terbilang sudah padat masyarakat.

“Ya setujunya gitu, para pengendara punya ruang masing-masing untuk melintas. Supaya para pengendara sepeda juga aman, nyaman dan jauh dari hal-hal yang bisa mencelakakan gitu,” tungkasnya kepada Bogordaily.net.

Alif mengungkapkan, agar segala peraturannya dibuat terlebih dahulu, dari segi keselamatan maupun kenyamanan para pengendara satu sama lainnya.

“Jadi kalau menurut saya kalau mau ada itu, jelasin dulu peraturannya terutama dalam segi keselamatan maupun kenyamanan para pengendara sepeda dan juga keamanan ini harus benar-benar diawasi oleh pemerintah daerah,” tutupnya kepada wartawan.

(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here