Tuesday, 7 May 2024
HomeKota BogorRS Islam Bogor Siap Gelar Donor Darah, Cek Tanggalnya di Sini

RS Islam Bogor Siap Gelar Donor Darah, Cek Tanggalnya di Sini

Bogordaily.net () akan menggelar kegiatan untuk masyarakat umum. Dalam kegiatan tersebut rencananya Rumah Sakit Islam Bogor bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia () di ruang poli vaksin pada Rabu, 1 Maret 2023, pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, mendatang.

Untuk kamu yang ingin mendonorkan darahnya, tentu ada syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah persyaratan di .

Pertama, harus sehat jasmani dan rohani, kemudian berusia tujuh belas tahun sampai dengan usia enam puluh tahun, dengan berat badan minimal lima puluh kilogram.

Lalu, sebelum mendonorkan darah, akan terlebih dahulu diperiksa fisik terkait tekanan darah normal 120/80 mm/hg. HB wanita minimal 12,5 gr/dl, untuk laki-laki 13 gr/dl.

Kemudian untuk wanita yang ingin mendonorkan darahnya, tidak dalam kondisi haid dan menyusui anaknya, serta tidak sedang meminum obat antibiotik. Istirahat yang cukup sebelum melakukan pendonoran darah dan jangan begadang.

Baca juga : RS Islam Bogor Salurkan Bantuan di Pusat Gempa Kahramanmaras, Turki

Minimal tidur enam jam sebelum melakukan pendonoran darah serta sudah sarapan atau perut terisi saat akan melakukan pendonoran. Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat akan melakukan pendonoran darah.

Lalu pendonor harus dalam keadaan sehat, usia mulai dari tujuh belas sampai enam puluh tahun, lolos pemeriksaan sebelum mendonor, berat badan minimal 50 kilogram, tekanan darah sistolik 110 sampai 160 mmHg, diastolik 70 sampai 100 mmHg.

Kemudian suhu badan 36,5 sampai 37.0⁰C, Hemoglobin 12,5 sampai 17,0 gr atau dl, tidak sedang hamil, haid, menyusui (bagi wanita).

Baca juga : Didirikan Atas Wakaf, RS Islam Bogor Lanjutkan Keinginan Ulama

Tidak sering kejang, dan pingsan, frekuensi maksimal 5 kali setahun, atau berjarak 3 bulan, tidur cukup minimal 5 jam, bukan pecandu alkohol dan narkoba.

Serta, tidak ada luka pada lengan tempat penusukan penyadapan darah, tidak menerima tranfusi darah satu tahun terakhir, tidak ada riwayat penyakit malaria, hepatitis B, hepatitis C, sifilis dan HIV.

Tidak ada riwayat penyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kanker, serta penyakit kulit kronis.

Untuk info lebih lanjutnya, bisa cek Instagram @rsislambogor atau hubungi kontak di nomor 0882-9062-0238. Yuk, ikutan , karena setetes darah yang kalian berikan sangat berharga untuk mereka yang membutuhkan. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here