Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaRS Murni Teguh Ciledug Beri Layanan Patologi Anatomi Diagnostik

RS Murni Teguh Ciledug Beri Layanan Patologi Anatomi Diagnostik

Bogordaily.net– Sebagai salah satu garda terdepan dalam masalah kesehatan, Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Ciledug memberikan pelayanan “Laboratorium Patologi Anatomi”.

Layanan patologi anatomi di Ciledug memiliki ruang laboratorium tersendiri dan terpisah dari laboratorium bidang layanan lain.

Untuk menunjang pelayanan, laboratorium patologi anatomi juga dilengkapi peralatan penunjang yang lengkap dan modern.

Fokus pemeriksaan pada patologi anatomi ini untuk membantu menegakkan diagnosis penyakit melalui pemeriksaan jaringan atau cairan tubuh pasien.

Baca Juga: Fokus Pelayanan Onkologi dan Kardiologi, RS Murni Teguh Sediakan Pelayanan CT Scan 128 Slice

“Pemeriksaan patologi anatomik ini berperan penting untuk pemeriksaan kasus penyakit keganasan seperti, tumor, kanker dan sebagainya,” terang Dokter Spesialis Patologi Anatomik, dr. Meike Pramono, Sp. PA, Jumat 10 Februari 2023.

Pelayanan diberikan berdasar rujukan dokter, dengan tujuan untuk penegakan diagnosis yang berbasis perubahan morfologi sel dan jaringan. Pemeriksaan di bidang patologi anatomik memiliki ruang lingkup yang luas, sampai pemeriksaan patologi molekular.

Menurut dr. Meike Pramono, patologi anatomi berperan dalam mendeteksi kelainan jaringan tubuh dan melakukan penapisan suatu penyakit, salah satunya pap smear (mendeteksi kanker rahim/serviks pada wanita). Sebab, kanker serviks termasuk ke-dua terbanyak di Indonesia.

Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan intim (suami istri) khususnya di usia yang masuk dalam masa reproduksi harus melakukan pap smear untuk mendeteksi bilamana terdapat  lesi/kelainan. Pap smear ini sebaiknya dilakukan rutin.

Spesialis patologi anatomi juga dapat melakukan biopsi aspirasi jarum halus atau FNAB (fine needle aspiration biopsy).

Dengan memakai peralatan sederhana seperti spuit, spesimen dapat diambil dan kemudian diproses menjadi slaid. Slaid tersebut akan dibaca di bawah mikroskop untuk melihat apakah terdapat sel tumor atau radang sehingga dapat membantu diagnosis dan terapi.

Pelayanan patologi anatomik di Ciledug meliputi pemeriksaan histopatologi, pemeriksaan sitologi dan pelayanan diagnosis potong beku (frozen section).Pemeriksaan histopatologi merupakan pemeriksaan terhadap spesimen jaringan. Pemeriksaan Sitologi merupakan pemeriksaan terhadap spesimen cairan tubuh, termasuk pap smear. Pemeriksaan diagnosis potong beku adalah pelayanan patologi anatomik untuk mendiagnosis lesi secara cepat saat pasien di meja operasi.

Dengan dibukanya layanan Laboratorium Patologi Anatomik diharap dapat mendukung pelayanan rumah sakit di bidang onkologi.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here