Thursday, 25 April 2024
HomeHiburanSederet Manfaat Jambu Biji Merah, Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Sederet Manfaat Jambu Biji Merah, Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Bogordaily.net jambu biji merah untuk kesehatan dapat mencegah berbagai macam penyakit. Dengan rasa yang manis dan cukup mudah didapatkan di Indonesia, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Saking enaknya, jambu biji bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu yang paling umum adalah dibuat menjadi jus.

Buah jambu biji luar biasa kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberikan jambu biji banyak kesehatan.

Berikut ini rangkaian kesehatan dari mengonsumi jambu biji.

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Jambu biji merah adalah salah satu sumber vitamin C terkaya. Bahkan, buah ini mengandung 4 kali lipat kandungan vitamin C yang ada pada jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi dari infeksi dan patogen umum.

Buah ini juga kaya zat besi, yang melengkapi vitamin C dalam memberi perlindungan terhadap penyakit. Seperti pilek dan infeksi virus lainnya. Jika dikonsumsi saat pilek dan flu, buah ini juga mampu membantu menghilangkan lendir dan mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.

Baca Juga: Selain Dijadikan Lalapan, Ini 6 Manfaat Selada untuk Kesehatan

2. Meningkatkan Kesehatan

Jambu biji juga mempunyai dapat membantu meningkatkan kesehatan dalam beberapa cara.
Banyak ilmuwan percaya bahwa antioksidan dan vitamin tingkat tinggi dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pasalnya, tingkat potasium dan serat larut yang lebih tinggi dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.

3. Melancarkan Pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik sehingga sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Oleh karena itu, makan lebih banyak jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

buah jambu biji merah juga dapat menjaga tekanan darah, sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah. Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya kamu konsumsi jika menderita darah tinggi.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin C dan serat dalam jambu biji.

5. Mencegah Demam Berdarah

buah jambu biji merah untuk kesehatan yang satu ini mungkin sudah populer terdengar, yaitu untuk mencegah demam berdarah. Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue.

Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko pendarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Namun hal ini masih sebatas pengobatan herbal. Sebaiknya kamu selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan dan dalam menggunakan berbagai obat-obatan alternatif.

Itu tadi sederet jambu biji untuk kesehatan tubuh. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here