Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSejarah dari Arti Logo Hari Pers Nasional

Sejarah dari Arti Logo Hari Pers Nasional

Bogoradaily.net –  Berikut penjelasan dan arti logo 2023. Rangkaian perayaan HPN () 2023 digelar selama enam hari berturut-turut yaitu pada 6-12 Februari 2023 di Medan, Sumatera Utara.

merupakan salah satu peringatan yang telah diakui secara nasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri puncak acara tersebut. Setelahnya, Jokowi akan mengunjungi dua pasar di Kota Medan, yakni Pasar Bakti dan Pasar Halat. Di kedua tempat tersebut, Presiden akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial untuk para pedagang.

Presiden selanjutnya beranjak menuju Terminal Amplas, Kota Medan, untuk melakukan peninjauan. Kepala Negara juga diagendakan untuk meresmikan dua terminal sekaligus, yakni Terminal Amplas dan Terminal Tanjung Pinggir.

Layaknya peringatan nasional pada umumnya, Hari Pers juga memiliki di baliknya yang menarik untuk diketahui. Simak ulasannya di bawah ini beserta tanggal peringatannya.

(HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari, bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sejarah

Pada awalnya, atau HPN telah didiskusikan dan disepakati dalam Kongres ke-28 Persatuan Wartawan Indonesia di Padang, Sumatra Barat. Kongres tersebut dilaksanakan pada tahun 1978.

Pembentukan PWI berawal dari pertemuan wartawan seluruh Indonesia di balai “Sono Suko” Surakarta pada 9 – 10 Februari 1946.

Pertemuan tersebut di antaranya menyetujui pembentukan organisasi wartawan Indonesia dengan nama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diketuai Mr. Sumanang Surjowinoto dengan sekretarisnya Sudarjo Tjokrosisworo.

Dasar hukum HPN tercantum pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 bertanggal 23 Januari 1985 menetapkan tanggal 9 Februari sebagai HPN.

Sebelum keputusan tersebut, HPN telah direncanakan sebagai salah satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 1978.

Menutip laman resmi HPN 2023, bahwa kesepakatan tersebut, tak terlepas dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung tanggal 19 Februari 1981, kehendak tersebut disetujui oleh Dewan Pers untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah sekaligus menetapkan penyelenggaraan .

Logo HPN 2023 didesain menyerupai pita yang memiliki warna merah pada huruf H dan N. Sedangkan huruf P yang berada di tengah berbentuk pita berwarna-warni bertaut dengan huruf H dan N.

Arti Logo HPN 2023

Huruf P yang berwarna-warni di maknakan sebagai keragaman komponen pers, sekaligus menegaskan kemeriahan pesta.

Untaian pita yang membentuk HPN dimaksudkan sebagai lambang pesta raya masyarakat pers. Sedangkan, jalinan pita dimakanakan sebagai sinergi antar komponenya.

Itulah sejarah singkat dan tanggal peringatan . Semoga bisa menjadi pengingat bagi kita semua akan jasa dan keberadaan pers di Indonesia.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here