Sunday, 26 March 2023
HomeBeritaSejarah hari Kanker Sedunia, Lengkap dengan Tema Peringatannya

Sejarah hari Kanker Sedunia, Lengkap dengan Tema Peringatannya

Bogordaily.net – Simak Sedunia yang diperingati hari ini, 4 Februari 2023 lengkap tema World Cancer Day 2023.

Sedunia atau World Cancer Day 2023 diperingati oleh seluruh warga global sebagai kampanye melawan penyakit kanker bagi para pasien dan dorongan mendukung perlawanan terhadap penyakit kanker.

Dilansir dari situs National Today, Sedunia atau World Cancer Day diinisiasi oleh sebuah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua bernama Union for International Cancer Control (UICC).

Organisasi tersebut berdedikasi untuk melaksanakan pertemuan, mengembangkan kapasitas, dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global.

Internasional pun pertama kali dirayakan pada tahun 1993 di Jenewa Swiss. Namun, baru diresmikan di 7 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2000 yakni melalui World Summit Againts Cancer atau KTT Dunia Melawan Kanker pertama yang diselenggarakan di Paris, Prancis.

Penetapan Hari Kanker Sedunia ini tercatat di dokumen berjudul ‘Charter of Paris Against Cancer' atau ‘Piagam Paris Melawan Kanker' yang kemudian di tanda tangani oleh Presiden Prancis, Jacques Chirac dan Direktur Jenderal UNESCO, Koichiro Matsuura. Semenjak itu dan hingga saat ini, tanggal 4 Februari selalu diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia.

Lantas, apa itu sebenarnya kanker? Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI, kanker adalah penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan abnormal yang bersifat ganas, bertumbuh cepat, tidak terkendali, dan bersifat menyebar ke bagian tubuh si penderita.

Kanker, menurut data yang berhasil dihimpun oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Tema Hari Kanker Sedunia 2023
Melansir laman resmi UICC, pada perayaan tahun ini, Hari Kanker Sedunia 2023 akan mengusung tema “Close the Care Gap” atau yang artinya ‘Tutup Kesenjangan Perawatan'.

Dipilihnya tema ini untuk menegaskan kepada setiap orang bahwa dirinya memiliki kemampuan dalam perubahan nyata untuk mengurangi dampak kanker secara global. Tema ini diciptakan sebagai medium pemahaman dan mengenali ketidakadilan dalam perawatan kanker yang ada di dunia.

Selain itu, World Cancer Day turut aktif melakukan kampanye Hari Kanker Sedunia 2023 dengan tema “Uniting our voices and taking action” yang berarti ‘Menyatukan suara kami dan mengambil tindakan.

Demikan informasi dan ulasan mengenai hari kanker sedunia yang diperingati hari ini, 4 Februari 2023 lengkap tema Close The Care Gap.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here