Saturday, 13 April 2024
HomeHiburanSelain Dijadikan Lalapan, Ini 6 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Selain Dijadikan Lalapan, Ini 6 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Bogordaily.net – Berikut ini sederet manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut didapatkan karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada beberapa manfaat untuk kesehatan yang masih terbilang jarang diketahui. Padahal, mengkonsumsi mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya dijadikan lalapan, juga sering dijadikan bahan berbagai macam makanan khas Indonesia, salah satunya gado-gado.

Sayuran hijau berdaun ini membantu melawan peradangan dan penyakit terkait lainnya seperti diabetes dan kanker.

Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Mengatasi Insomnia

Mengkonsumsi dipercaya bermanfaat bagi penderita insomnia. Pasalnya, mengandung senyawa yang mampu menenagkan dan merangsan tidur tetapi tidak memiliki efek samping. Jika Anda sulit tidur, Anda bisa mencoba mengonsumsi beberapa lembar daun .

2. Melawan Radikal Bebas

memiliki antioksidan yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh kita yang terbentuk karena metabolisme sel. Radikal ini cenderung merusak jaringan dan sel sehat. Untuk itu, antioksidan dalam selada mempunyai manfaat yang dapat melindungi tubuh dari radikal tersebut.

3. Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Ekstrak daun selada mempunyai manfaat yang dapat mencegah penyebaran sel leukemia dan sel kanker payudara. Selada juga mengandung flavonoid yang membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut. Jadi memasukkan selada dalam diet Anda dapat membantu melawan berbagai jenis kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selada memiki kandungan antioksidan, yang bisa membantu melawan radikal bebas, yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam daun selada, berfungsi untuk menjaga sel-sel imun tubuh, untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu selada mengandung vitamin A, yang bisa menyembuhkan infeksi, atau peradangan akibat kerusakan sel yang diserang virus atau bakteri.

5. Membantu Kesehatan Mata

Mata memerlukan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Selada memiliki kandungan vitamin A, yang diperlukan oleh mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalam selada, bisa membantu menjaga kesehatan mata, agar penglihatan selalu sehat. Vitamin A juga bisa membantu menghindarkan dari risiko penyakit glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan.

6 . Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun selada memiliki kandungan yang kaya akan serat dan selulosa. Daun selada membantu melancarkan pencernaan, untuk membantu mengurangi berat badan. Serat yang terdapat pada selada, juga membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh.

Dan serat bisa membuat perut kenyang lebih lama. Garam-garam yang terdapat pada tubuh, diganti dengan serat baik yang ada pada tubuh, untuk membantu menguraikan kolesterol dan menurunkan berat badan.

Itulah tadi enam manfaat selada untuk kesehatan tubuh. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here