Sunday, 19 May 2024
HomeKabupaten BogorSelama Sepekan, 31 Wilayah di Kabupaten Bogor Diterjang Angin Kencang

Selama Sepekan, 31 Wilayah di Kabupaten Bogor Diterjang Angin Kencang

Bogordaily.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat terdapat 31 wilayah di Kabupaten Bogor terkena dampak angin kencang selama sepekan, sehingga mengakibatkan puluhan rumah mengalami kerusakan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik , Aris Nurjatmiko mengatakan sebanyak 31 titik tersebut baru data sementara dari dampak bencana alam angin kencang.

“Mulai dari hari Kamis, 9 Februari 2023 kemarin kita menerima laporan ada 31 titik yang terkenda dampak angin kencang dan itu termasuk dari pohon tumbang dan rumah warga yang terdampak,” kata Aris dalam keteranganya, Senin 13 Februari 2023.

Baca juga: Hujan Disertai Angin di Kabupaten Bogor, BPBD Catat Ada 16 Titik 

Kata dia, dari 31 titik tersebut terdapat dua pengendara motor yang menjadi korban dari pohonnya tumbang akibat angin kencang tersebut.

“Kemarin hari Kamis itu kita mendapat laporan kalau ada dua orang pengendara sepeda motor tertimpa pohon besar di Nalan Transyogi Desa Jonggol dan pengendara pun kita evakuasi ke RSUD Cileungsi untuk mendapatkan perawatan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, terdapat fasilitas umum pendidikan yang terdampak dari bencana alam angin kencang tersebut dalam sepekan ini.

“Angin kencang dalam minggu ini juga membuat sejumlah sekolah kena dampaknya, salah satunya SDN Tajur 07 Citeureup yang lokasinya di kampung Parung ponteng, Desa Tajur, Kecamatan Citeureup untuk bagian atap ambruk akibat angin kencang,” ungkapnya.

Ia menyebut kalau angin kencang juga membuat puluhan rumah di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor mengalami kerusakan sangat parah, bahkan sampai bagian atap hilang ditiup angin kencang tersebut.

“Di kampung jaura, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur yang terparah karena disana ada 27 rumah terdampak akibat angin kencang dan kita telah meninjau lokasi serta membantu evakuasi warga,” jelasnya.

Baca juga : BPBD Catat 8 Bencana Terjadi di Kota Bogor

Sebelumnya, Staf Kedaruratan dan Logistik Jalaludin, mengatakan di wilayahnya tercatat 16 titik yang dilanda angin kencang tersebar di 11 kecamatan yakni Jasinga, Parung, Jonggol, Tajur Halang, Cibinong, Cileungsi, Gunung Putri, Babakan Madang, Citeureup, Rumpin, serta Sukamakmur.

“Masuk laporan ada 16 titik di Kabupaten Bogor yang terdampak angin, ada pohon tumbang dan bangunan terdampak angin kencang,” kata Jalaludin kepada Bogordaily.net.* (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here