Monday, 13 May 2024
HomeKota BogorSTAI Al Hidayah Bogor Beri Program Kuliah Penuh Makna

STAI Al Hidayah Bogor Beri Program Kuliah Penuh Makna

Bogordaily.net–  mengadakan program kuliah penuh makna. Program yang digagas kampus Jl. Raya Dramaga KM.7 No.29, RT.03/RW.02, Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, itu mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa dalam perkuliahanya.

Dosen Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dr.H. Arif Badrudin, M.Pd menjelaskan kuliah penuh makna adalah memberikan arahan kepada para mahasiswa ketika lulus.

Artinya kata Arif, tujuan dari kuliah penuh makna mahasiswa yakni, dalam tujuan perkuliahannya mahasiswa bukan hanya bisa bekerja. Namun bisa mengimplementasikan ilmunya di masyarakat.

“Bagaimana kemudian setelah keluar dari ini, dia bisa mengimplementasikan ilmunya kepada sekitar dia, dan lebih luas lagi dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekelilingnya,” kata Dr H Arif Badrudin kepada Bogordaily.net, Minggu 19 Februari 2023.

Arif yang juga Lurah Menteng, Kecamatan Bogor Barat itu menjelaskan, kuliah penuh makna di sini,  bagaimana nantinya menjadikan mahasiswa penuh adab dan paling tertinggi yakni adab yang baik kepada Allah SWT.

Baca Juga: Mencari Kampus Bersyariah? Berikut Prodi Unggulan di STAI Al Hidayah Bogor

“Jangan sampai kemudian kuliah itu hanya melahirkan orang-orang yang berfikir dunia semata tetapi tidak dibarengi adab dan akhlak,” jelasnya.

Terlebih lagi menurut Arif, mahasiswa harus bisa menebarkan ilmunya. Secara kekuatan akidah, tetapi ia memiliki kemampuan untuk berbagi terhadap sesama khususnya keilmuan dan kebermanfaatan lainnya. Tak hanya itu menurut Arif, ia juga harus berpartisipasi dan berperan aktif di dalam masyarakat.

“Jadi tidak hanya sekadar mengejar gelar bagaimana dia bisa mempertanggung jawabkan gelar tersebut di tengah masyarakat,” ujar Dr Arif.

Kemudian nantinya, para mahasiswa akan diberikan masukan dan juga arahan terkait apa yang harus mereka lakukan jika telah lulus dari kampus .

“Apalagi kan dosen ini kebetulan memang banyak yang hanya secara teoritis, mereka juga orang-orang praktisi dakwah banyak juga tokoh masyarakat, selain dosen di kampus ,” ungkapnya.

Ia berharap, nantinya para mahasiswa dapat meningkatkan pembelajaran di dalam perkuliahan dan memahami berbagai ilmu yang telah diberikan di dalam kampus agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Harapan saya kepada para mahasiswa tentunya mereka lebih giat lagi dan belajar. Artinya tidak sekadar mengerjakan tugas lalu pulang, namun memahami betul apa yang diajarkan di kampus, karena ini menjadi bekal mereka di masyarakat,” harapnya.

Dr Arif juga menambahkan, jangan sampai ketika mahasiswa telah terjun di masyarakat, mereka tidak memahami apa yang harus mereka lakukan dan apa yang mereka sampaikan.

“Tentunya kami betul-betul menjaga kualitas kampus yang bersyariah, dan kampus yang bersyariah ini benar-benar, dari pimpinan dosen, bahkan termasuk tenaga pendidikanya, harus bersyariah,” imbuhnya.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here