Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaTak Lagi Gratis, Vaksin Booster Kedua akan Berbayar

Tak Lagi Gratis, Vaksin Booster Kedua akan Berbayar

Bogordaily.net – Menteri Kesehatan () Budi Gunadi menjelaskan bahwa kedua bakal berbayar bagi masyarakat mampu.

Ia juga mengatakan jika harga berkisar di bawah Rp 100.000 per dosis. Namun, harga tersebut belum termasuk ongkos dan lain-lainnya.

“Per 24 Januari Kementerian Kesehatan mengeluarkan kebijakan pembaruan kedua bagi masyarakat umum di atas 18 tahun. Vaksinasi kita siapkan, setelah transisi selesai, ini harganya di bawah Rp 100.000 belum pakai ongkos,” ucap Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, dikutip Kamis, 9 Februari 2023.

Baca juga : Yuk, Bersihkan Paru-Paru dengan Cara Alami Ini

“Harusnya ini pun bisa di-cover oleh masyarakat secara independen. Tiap enam bulan sekali Rp 100.000 suatu angka yang masih make sense. Untuk masyarakat yang tidak mampu kita cover mekanisme PBI,” tambahnya.

Diketahui, Kemenkes menyebut sejauh ini COVID-19 berbayar masih dalam pembahasan.

“Vaksinasi berbayar masih terus dalam wacana pembahasan karena kita juga belum tahu, apakah nanti ke depan sebenarnya vaksinasi COVID ini masih sangat dibutuhkan sebagai suatu vaksinasi dalam penanganan pandemi,” ujar Kepala Biro Komunikasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, dikutip beberapa waktu lalu.

Baca juga : Tips Cepat Hamil Setelah Menikah, Yuk Coba!

Sebelumnya, Budi Gunadi juga sempat menyampaikan harga kedua yang dipatok sekitar US$ 5-10 atau Rp 150 ribu.

“Dan karena vaksin sekarang sudah sangat tersedia ya. Harganya sekitar 5-10 dollar, 10 dolar kan setara Rp 150 ribu. Kalau yang miskin kan masuk ke program standarnya BPJS. Tapi kalau yang mampu, dia bisa beli sendiri,” tandas Budi di Gedung DPR RI.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here