Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorTembok Penahan Tanah di Cigombong Longsor, 4 Rumah Warga Rusak

Tembok Penahan Tanah di Cigombong Longsor, 4 Rumah Warga Rusak

Bogordaily.net dengan intensitas tinggi membuat di Kampung Cihateri RT 03/RW 09, Desa Ciburuy, Kecamatan , Kabupaten Bogor , pada Minggu, 19 Februari 2023. Peristiwa tersebut menyebabkan 4 rumah warga ambruk terkena dan mengaharuskan 14 warga mengungsi.

Staff Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten, Jalaludin mengatakan, tersebut terjadi pada tebingan (TPT) yang menimpa berbagai bangunan karena posisi rumah yang berdempetan.

“Dikarenakan dengan kurun waktu yang cukup lama di tambah tidak adanya saluran pembuangan air, sehingga membuat tanah yang berada di atas nya gembur menyebabkan ,” kata Jalaludin saat dikonfirmasi Bogordaily.net, Senin, 20 Februari 2023.

Baca juga : Pergeseran Tanah di Jalan Jasinga Ambles dan Satu Rumah Rusak

Kata dia, kejadian pertama terjadi pada pukul 15:00 Wib dan kejadian kedua pukul 17:45 WIb. Total ada 4 unit rumah rusak berat. Ada 4 keluarga yang terdampak.

“Total ada 4 keluarga sebanyak 17 Jiwa, saat ini telah mengungsi kerumah sanak saudaranya di alamat yang sama,” jelasnya.

Saat ini, kata Jalal, material longsoran belum dibersihkan. Dan juga pihaknya telah memberikan satu buah terpal dan sudah di serah terimakan ke pihak desa.

“Untuk titik longsoran awal sementara sudah di tutup terpal guna meminimalisir longsoran kembali apabila hujan turun dengan intensitas waktu yang cukup lama,” ujar Jalaludin.

Baca juga : Sekda Tinjau Rumah Rusak Terdampak Hujan dan Angin Kencang di Bogor Barat

Ia mengatakan, kondisi tebingan yang rawan dan rumah terdampak pun rawan ambuk, dan untuk sementara material longsoran belum dibersihkan.

“Di perkirakan hasil analisa anggota di lokasi, perlu penangan lebih lanjut dari dinas terkait, mengingat kondisi tanah yang masih labil dan rawan ,” ungkapnya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here