Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaTiba di Bandara, 3 Debt Collector Bergaya Preman Ditangkap Polda Metro Jaya

Tiba di Bandara, 3 Debt Collector Bergaya Preman Ditangkap Polda Metro Jaya

Bogordaily.net – Tiba di Bandra Soekarno-Hatta, tiga bergaya berhasil ditangkap . Aksi para itu viral di media sosial saat membentak seorang anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas Polri.

“Komplotan preman dari dua kelompok kini menjadi tersangka, ditahan di ,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kombes Pol Hengki Haryadi dikutip dari Tempo, Kamis, 23 Februari 2023.

Sedangkan tiga debt collector bergaya preman yang melakukan perlawanan terhadap Bhabinkamtibmas Polri kini dalam pemeriksaan di .

“Salah satu pelaku kita kejar hingga ke kampung halamannya di Saparua Ambon pada Rabu 22 Februari 2023 malam,” tambahnya.

Hengki Haryadi mengatakan, salah satu dari tiga ditangkap di kampung halamannya di Saparua, Ambon.

Menurut Hengki, aksi debt collektor juga tidak dibenarkan main cegat, main sikat, dan rampas kendaraan di jalan. Ada mekanisme hukum yang juga diatur dalam putusan MK.

“Bahwa tidak ada lagi hak eksekutorial bagi debt collektor apabila tidak ada kesepakatan antara debitur dan kreditur, dan debitur menolak menyerahkan kendaraannya, oleh karenanya hal tersebut harus melalui penetapan pengadilan, dengan kata lain tidak boleh di ambil paksa,” pungkasnya.

Menurut Hengki, juga tidak dibenarkan main cegat, main sikat dan rampas kendaraan di jalan. Ada mekanisme hukum yang diatur dalam undang-undang.

Lebih lanjut, Hengki mengimbau kepada perorangan yang tergabung dalam kelompok untuk menghentikan aksi premanismenya.

“Kepada pelaku yang terlibat perlawanan terhadap petugas, kami minta segera menyerahkan diri, atau kami kejar sampai dapat,” tandasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here