Friday, 29 March 2024
HomeBeritaUpdate Gempa Turki: Korban Tewas 5.021 Orang

Update Gempa Turki: Korban Tewas 5.021 Orang

Bogordaily.net– Update hingga Selasa, 7 Februari 2023 korban tewas akibat berkekuatan magnitudo 7,7 bertambah menjadi 5.021 orang. Proses evakuasi dan pencarian korban hilang pun terus dilakukan.

Dikutip dari CNN Indonesia, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan korban meninggal dunia di negaranya kini tercatat 3.419 jiwa.

“Jumlah korban meninggal dunia mencapai 3.419 orang akibat bumi,” kata Oktay, seperti dikutip Reuters.

Kemudian di Suriah, jumlah korban tewas mencapai 1.602 jiwa, menurut laporan otoritas dan tim penyelamat.

Kantor berita SANA juga melaporkan 812 orang dinyatakan meninggal dunia di wilayah yang berada di bawah kendali pemerintah seperti Aleppo, Latakia, Hama, Idlib, dan Tartous. Sementara 1.449 orang dilaporkan luka-luka.

Baca Juga: Update Gempa Turki: 10 WNI Jadi Korban, 2 Hilang Kontak

Kemudian di wilayah yang dikuasai oposisi, setidaknya 790 orang dilaporkan tewas dan 2.200 orang luka-luka, menurut laporan tim penyelamat White Helmets.

Proses pencarian dan evakuasi korban terus dilakukan. Namun, tim mengalami tantangan karena badai salju. Pemerintah memperkirakan korban bakal bertambah karena banyak yang tertimbun puing. Pemerintah Ankara juga mendeklarasikan tujuh hari masa berkabung demi menghormati para keluarga korban yang berduka.

Sebelumnya diberitakan dan Suriah diguncang berkekuatan M 7,7 Senin, 6 Februari 2023 dini hari. terjadi sekitar pukul 04.00 dini hari saat sebagian besar warga masih tertidur lelap.

Ribuan bangunan termasuk gedung apartemen dan perkantoran runtuh.  Jumlah korban tewas diprediksi masih akan banyak bertambah sebab banyak orang hilang yang diduga masih terjebak reruntuhan.

Proses evakuasi puing-puing reruntuhan dan penyelamatan juga terhambat oleh badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Masyarakat di wilayah terdampak gempa syok di berdiri di atas salju dengan baju tidur mereka sambil menyaksikan penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Selain update jumlah korban tewas akibat , sepuluh orang WNI juga dilaporkan mengalami luka-luka akibat dan dua lainnya masih hilang kontak.

“Jumlah WNI yang luka bertambah menjadi 10 orang,” ujar Duta Besar RI untuk Ankara, Lalu M Iqbal dalam keterangannya, Selasa, 7 Februari 2023.

Ia menjelaskan, satu WNI berada di rumah sakit setempat di Kahramanmaras dan 3 WNI dirawat di rumah sakit di Hatay.

Selain itu enam orang lainnya mengalami patah tulang dan tidak dapat tertampung di rumah sakit setempat sehingga akan dievakuasi ke Ankara.

Lalu mengatakan sejumlah WNI juga belum bisa dihubungi. Kata dia, ada seorang ibu dan dua anaknya di Antakya yang masih hilang kontak. Kemudian dua pekerja spa therapist di Dyarbakir juga belum bisa dihubungi.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here