Monday, 29 April 2024
HomeBeritaUpdate Gempa Turki: Korban Tewas Tembus 11 Ribu

Update Gempa Turki: Korban Tewas Tembus 11 Ribu

Bogordaily.net–  Gempa terus menelan korban jiwa. Hingga Rabu, 8 Februari 2023 dilaporkan korban tewas akibat gempa dan Suriah mencapai 11.104 orang.

Presiden Recep Tayyip Erdogan memaparkan jumlah korban tewas di telah mencapai 8.574 jiwa. Sebanyak 50 ribu orang dilaporkan mengalami luka-luka.

Di Suriah, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, jumlah korban meninggal mencapai 2.530 jiwa. Angka ini meliputi wilayah Suriah di bawah kendali pemerintah maupun wilayah yang dikendalikan pemberontak.

Baca Juga: Korban Gempa Turki Diprediksi Tewaskan hingga 10 Ribu Orang

Di sisi lain, Kedutaan Besar RI untuk di Ankara menyampaikan dua warga negara Indonesia (WNI) meninggal dunia.

KBRI di Ankara melaporkan WNI korban tewas berjumlah Nia Marlinda bersama seorang anak usia satu tahun dan suaminya yang berkewarganegaraan .

“Jadi yang meninggal di Kahramanmaras adalah satu ibu WNI dan satu orang anak usia satu tahun. Karena aturannya anak di bawah 18 tahun otomatis pegang paspor Indonesia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Lula Muhamad Iqbal.

Sebelumnya diberitakan gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Senin, 6 Februari 2023 dini hari. Gempa terjadi sekitar pukul 04.00 dini hari saat sebagian besar warga masih tertidur lelap.

Akibatnya bangunan termasuk gedung apartemen dan perkantoran runtuh. Jumlah korban tewas diprediksi masih akan bertambah banyak karena banyak orang hilang yang diduga masih terjebak reruntuhan.

Proses pengangkutan puing-puing reruntuhan dan penyelamatan juga terhambatnya badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Masyarakat di wilayah terkena gempa syok di berdiri di atas salju dengan baju tidur mereka sambil menyaksikan penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Sementara itu gempa mematikan di bukan kali pertama. Pada 1939, gempa berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Erzincan timur dan menewaskan lebih dari 30 ribu orang.

Pada Agustus 1999, gempa M 7,6 melanda Izmit. Akibat bencana ini, lebih dari 17 ribu orang tewas. berada di salah satu zona gempa paling aktif di dunia sehingga negara ini kerap diguncang gempa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here