Tuesday, 6 June 2023
HomeHiburanWaspada, Kurang Tidur Bisa Picu Penyakit Ini

Waspada, Kurang Tidur Bisa Picu Penyakit Ini

Bogordaily.net – Saat kurang tentunya akan memicu gangguan pada tubuh, tetapi hal itu paling sering diabaikan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal-Digital Health menunjukkan, adanya hubungan antara waktu mulai dan kejadian penyakit kardiovaskular.

Temuan ini menegaskan, bahwa kurang berhubungan dengan hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes melitus atau gangguan toleransi glukosa.

Baca juga : Tubuh Kurang Tidur? Waspada Bahaya Mengintai

“Kurang juga meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik, detak jantung dan vasokonstriksi serta retensi garam. Faktor-faktor ini terkait dengan hipertensi yang disebabkan oleh overdrive jantung dan volume yang berlebihan,” tulis penelitan tersebut.

Studi kohort menemukan kemungkinan adanya hubungan antara waktu mulai dan risiko pengembangan CVD, khususnya bagi wanita. Lebih dari 55 persen peserta penelitian adalah wanita.

Sebanyak 88.026 individu di Biobank Inggris dipelajari untuk penelitian ini. Para peserta diteliti antara tahun 2006 dan 2010. Usia rata-rata peserta adalah 61 tahun.

Para peserta menindaklanjuti diagnosis baru penyakit kardiovaskular, yang didefinisikan sebagai serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung iskemik kronis, stroke dan serangan iskemik transien.

Peneliti menemukan, bahwa penyakit kardiovaskular adalah yang tertinggi pada mereka yang tengah malam atau setelahnya. selama waku ini meningkatkan risiko hingga 25 persen.

Para peneliti juga menemukan bahwa kejadian penyakit jantung paling rendah terjadi pada mereka yang kurang antara pukul 22.00 hingga 23.00.

Baca juga : 5 Kebiasaan Sehat Setelah Bangun Tidur, Langsung Peregangan

Para peneliti menemukan, bahwa saat antara pukul 23.00 hingga tengah malam meningkatkan risiko hingga 12%, hal itu juga meningkatkan risiko sebesar 24 persen saat waktu tidur sebelum pukul 22.00.

Sebanyak 3.172 peserta telah mengembangkan masalah terkait jantung selama masa studi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here