Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalZainudin Amali Mundur sebagai Menpora, Jokowi: Secara Informal Sudah

Zainudin Amali Mundur sebagai Menpora, Jokowi: Secara Informal Sudah

Bogordaily.net– dikabarkan mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (). Presiden Joko Widodo () pun menyebut pengunduran diri baru disampaikan secara informal.

“Secara resmi, secara tertulis belum. Informal sudah,” kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip dari Detik.com, Selasa, 21 Februari 2023.

Keputusan Amali tersebut menyusul jabatan barunya menjadi Wakil Ketua Umum PSSI 1 dan akan fokus mengurus sepak bola.

Pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023 lalu, Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 1, dan Ratu Tisha di kursi Wakil Ketua Umum PSSI 2.

kemudian menyatakan mundur kepada Presiden Jokowi tetapi baru secara informal. Setelahnya, Jokowi belum mengungkap siapa pengganti Amali.

“Gantinya nanti kalau sudah ada resminya saya bicara,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, juga sudah melapor kepada Presiden Jokowi soal posisinya sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI. Ia menyebut Jokowi telah mengizinkannya fokus menjadi pengurus PSSI.

“Beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk fokus dan konsentrasi fokus kepada sepak bola,” kata Amali di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, 20 Februari 2023.

Ia mengaku sudah menyampaikan kepada pengurus PSSI untuk fokus mengurus sepakbola. “Dan beliau menyerahkan kepada saya, karena saya menyampaikan kepada teman-teman, saya harus memilih,” ujar Amali.

“Saya sampaikan kepada Pak Presiden, ‘Bapak, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola, menjadi pengurus PSSI'. Dan itu dipahami oleh beliau,” sambungnya.

Sosok

Sementara itu merupakan politisi Partai Golkar kelahiran 16 Maret 1962. Ia menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga () RI ke-13.

Dikutip dari laman Wikipedia, pria berdarah Gorontalo ini merupakan salah satu kader senior dari Partai Golar dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua DPP partai periode 2014–2019 serta anggota DPR RI dari partai itu selama 4 periode.

Sejak 16 Februari 2023 ia juga menjabat sebagai salah satu Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023–2027 dan menjadikannya sebagai menteri aktif pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Pada tahun 2007, Zainudin dianugerahi Penghargaan Konservasi Danau Limboto (Limboto Lake Conservation Award) untuk Kategori Prakarsa Konservasi.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here