Monday, 29 April 2024
HomeHiburanJarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Biji Salak Bisa Jaga Kekebalan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Biji Salak Bisa Jaga Kekebalan Tubuh

Bogordaily.net – Biji (Salacca edulis) biasanya langsung dibuang bersama dengan kulit buah setelah dimakan. Jarang diketahui, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan loh!

Selain untuk kesehatan, , dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan produk kosmetik atau obat-obatan herbal. Salah satu yang paling sering ditemui adalah kopi .

Biji buah ini memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan seperti serat, antioksidan, vitamin C, dan senyawa-senyawa bioaktif lainnya. Namun, masih diperlukan penelitian yang mendalam tentang manfaat biji salak ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat biji salak bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji salak juga dipercaya dapat memelihara kesehatan organ jantung. Biji mengandung kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Selain itu, biji salak juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu mencegah risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca juga : Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

2. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji juga mengandung senyawa bioaktif seperti saponin dan polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Selain itu, biji juga mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat biji salak juga diklaim dapat menurunkan resiko diabetes. Biji mengandung senyawa aktif yang disebut asam fenolat, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi olahan biji secara teratur, seseorang dapat terhindar dari resiko diabetes tipe 2.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Biji mengandung serat larut dan tidak larut dalam air yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Serat juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta memperbaiki keseimbangan bakteri usus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here