Monday, 29 April 2024
HomeHiburan5 Bahaya Kecanduan Narkoba, Bisa Menyebabkan Hilang Ingatan

5 Bahaya Kecanduan Narkoba, Bisa Menyebabkan Hilang Ingatan

Bogordaily.net – Jangan sampai terulang seperti kasus Ammar Zoni yang terjerat narkoba kedua kalinya. Berikut narkoba, bukan hanya menyasar fisik, obat-obatan terlarang ini nyatanya juga bisa memengaruhi mental pemakainya.

Ammar Zoni menjadi deretan daftar artis berikutnya yang ditangkap karena memakai narkoba. Secara medis atau kesehatan, narkoba, juga disebut gangguan penggunaan zat. Adalah penyakit yang mempengaruhi otak dan perilaku seseorang dan menyebabkan ketidakmampuan untuk mengontrol penggunaan obat atau obat legal atau ilegal.

Sebagian besar orang pasti sudah tahu soal penyalahgunaan narkoba. Meski begitu, tetap saja ada segelintir orang yang mengacuhkan narkoba dan tetap ingin mencobanya. Padahal, sekali sudah terjerumus pasti akan sulit untuk terlepas dari efek narkoba.

dapat dimulai dengan percobaan penggunaan narkoba dalam situasi sosial, dan, bagi sebagian orang, penggunaan narkoba menjadi lebih sering.

Berikut ini beberapa dari kecanduan narkoba.

1. Menurunkan kesadaran sampai hilang ingatan

Efek penyalahgunaan narkoba yang paling kentara adalah penurunan kesadaran. Bahkan, menurunnya kesadaran bisa berujung pada hilang ingatan.

Pasalnya, efek narkoba bersifat sedatif. Artinya, obat-obatan terlarang ini dapat menimbulkan gejala seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, penurunan kesadaran dan gangguan koordinasi tubuh.

2. Dehidrasi

Dehidrasi akibat ketidakseimbangan elektrolit. Akibatnya, pemakainya bisa mengalami serangan panik, nyeri dada, halusinasi, bahkan kejang akibat obat-obatan.

Jika dibiarkan, efek dari obat-obatan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

3. Merusak otak secara permanen

Kalau obat yang satu ini bisa muncul ketika seseorang menggunakannya dalam jangka panjang. Penggunaan dalam dosis tinggi juga bisa memicu efek obat ini.

Narkoba memaksa otak bekerja lebih cepat dan menekan sistem saraf pusat untuk menghasilkan efek menenangkan.

Perubahan sel otak ini mengganggu komunikasi antar sel saraf. Akibatnya, kerusakan otak permanen akibat narkoba tak terhindarkan.

Meski pengguna sudah berhenti mengonsumsi obat ini, namun proses penyembuhannya memakan waktu cukup lama. Padahal, efek kecanduan narkoba bisa bertahan seumur hidup

4. Mengganggu kualitas hidup

Efek narkoba yang pasti terjadi adalah terganggunya kualitas hidup. Hal ini tentunya dapat menurunkan kualitas hidup pemakainya. Sebab, rasa ketagihan akibat narkoba akan terus memicu pemakainya untuk menambah dosis.

Jika tidak terpenuhi, pecandu narkoba bisa nekat hingga rela mencuri untuk memuaskan hasratnya. Perilaku ini jelas bertentangan dengan hukum yang dapat mengakibatkan sanksi seperti penjara.

5. Kematian

paling serius dari penyalahgunaan narkoba adalah kematian. Hal ini bisa terjadi jika pemakainya mengkonsumsinya dalam kadar yang berlebihan.

Dosis yang sangat tinggi ini tidak dapat ditoleransi oleh tubuh sehingga menyebabkan overdosis. Gejala overdosis obat ditandai dengan kejang-kejang, mulut berbusa, dan bola mata yang mengarah ke atas.

Dampak narkoba akan berpengaruh kepada tubuh si pengguna. Sudah banyak kasus kematian yang di akibatkan oleh narkoba. Okeh sebab itu, jadilah baik dan temukan lingkungan sehat di sekitar.

Demikianlah tadi beberapa dari kecanduan narkoba. Jadi, Say No to Drugs ya! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here