Friday, 26 April 2024
HomeOtomotif5 Cara Perawatan Motor Listrik, Mudah dan Agar Tetap Prima

5 Cara Perawatan Motor Listrik, Mudah dan Agar Tetap Prima

Bogordaily.net – Simak beberapa cara perawatan , berikut ini. Pasalnya, perawatan wajib diketahui setiap pemilik jika ingin kendaraannya selalu dalam kondisi prima.

Industri otomatif Indonesia semakin beragam dengan hadirnya , yang dianggap murah dengan pergerakan yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan mobil listrik.

Pilihannya pun sangat beragam karena produsen terus berlomba-lomba menarik minat konsumen dengan penawaran harga terbaik.

Selain itu, kini makin banyak diminati. Terlihat dari banyaknya merk baru yang bermunculan dan dukungan pemerintah berupa pemberian subsidi bea balik nama dan pajak kendaraan kepada pengguna . Subsidi yang tidak sedikit tersebut semoga membawa angin segar bagi kamu yang memiliki minat untuk membeli .

Cara perawatan dan motor berbahan bakar bensin tidak jauh berbeda. Yaitu merawat lebih mudah dan hemat. Pembelian motor listrik untuk solusi mobilitas maka bisa kamu pertimbangkan, apalagi sudah adanya wacana subsidi dari pemerintah.

Perawatan Motor Listrik

Untuk tahu lebih lengkap mengenai perawatan motor listrik, Carmudian bisa simak informasi di bawah ini.

1. Rutin mengisi ulang baterai

Cara pertama yang terpenting adalah mengisi baterainya secara rutin walau tidak digunakan. Hal ini mesti kamu lakukan, tidak boleh terlewati, kendati kendaraan jarang kamu gunakan namun baterai tetap harus diisi ulang setidaknya setiap dua hari atau tiga hari sekali agar performanya tetap terjaga. Mengisi ulang daya baterai dalam kondisi yang sangat rendah dengan indikator di bawah 20% akan mempengaruhi kinerja baterai.

2. Jangan menerjang

Seperti halnya motor berbahan bakar bensin, jangan melewati yang tinggi melebihi ketinggian soket kelistrikan. Hal ini sangat berbahaya untuk komponen baterai dan kelistrikan. Beda halnya jika melewati genangan air yang tidak tinggi, maka hal ini masih bisa di tolerir.

3. Hindari mencuci motor dengan kompresor

Bagi kamu yang terbiasa mencuci motor di tempat pencucian motor maka kamu harus memastikannya kepada pegawai disana bahwa motor yang kamu cuci adalah motor listrik yang perlu penangan sedikit berbeda, yaitu beritahukan bahwa semprotan air berdaya kuat tidak boleh mengenai komponen baterai ataupun slot kelistrikannya, pastikan pada bagian tersebut tidak dibuka dan tidak terkena air. Atau pun kamu bisa mencucinya sendiri dirumah dengan basuhan air bersih dan sedikit sabun.

4. Cabut baterai jika motor tidak digunakan.

Jika motor tidak digunakan dalam waktu yang lama maka kami sarankan untuk melepas baterainya dan mengisi baterai powernya dengan penuh. Kamu bisa pasangkan kembali jika unit ingin digunakan. Mengapa demikian? Karena untuk menghindari self discharge yaitu aliran listrik yang masih mengalir walau kendaraan tidak digunakan sehingga aliran listrik terpakai dan membuat kondisi baterai lembab.

5. Selalu rutin untuk menganti van belt

Van belt sendiri memiliki fungsi untuk menyalurkan daya dari mesin ke sistem penggerak pada motor listrik. Oleh karena itu, menganti van belt disarankan setiap menempuh jarak 3.000 km, meskipun tarikan motor masih terasa enak pada saat digunakan. Hal tersebut dilakukan, untuk menjaga agar van belt tidak putus di tengah jalan saat berkendara.

Itulah cara perawatan motor listrik dengan benar agar lebih awet. Perawatan yang baik akan meminimalisir kerusakan. Selain itu jika Anda pecinta motor listrik sudah selayaknya tahu bagimana cara merawat motor yang benar.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here