Thursday, 25 April 2024
HomeOtomotif5 Tips Aman Berkendara di Jalan Berlubang, Tetap Fokus

5 Tips Aman Berkendara di Jalan Berlubang, Tetap Fokus

Bogordaily.net – Berikut ini, tips aman di jalan yang berlubang di jalan raya. Seringkali saat sedang enak-enak , kita dihadapkan pada jalanan berlubang yang ada di depan mata. Jika sudah demikian apa yang akan Anda lakukan?

Indonesia, merupakan hal yang cukup sering ditemui. Jalanan berlubang ini berbahaya untuk pengendara yang tak awas.

Bagi sebagian orang menjadi hambatan yang menyebalkan. Karena ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen dalam motor. Terlebih jika Anda dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kenyamanan Anda dalam berkendara pun juga dipertaruhkan.

Namun, sebenarnya Anda tak perlu khawatir. tidak seberbahaya itu kok. Anda masih bisa melewatinya dengan memperhatikan teknik-teknik tertentu dalam berkendara. Berikut beberapa diantaranya.

Tips Aman Berkendara Melewati

1. Kurangi Kecepatan

Tips pertama yang harus dilakukan oleh pengendara sepeda motor adalah mengurangi kecepatan. Karena ketika melewati dengan kecepatan di atas rata-rata, maka kemungkinan kecelakaan bakal lebih besar. Anda juga disarankan untuk menginjak rem terlalu kuat saat memasuki lubang, karena ban dan velg bakal menerima bentuan yang kuat dari pinggir lubang.

2. Ketahui Kedalaman Lubang

Langkah kedua yang harus kalian ketahui adalah memperhatikan kedalaman lubang. Apabila pengendara sudah tidak bisa menghindari lubang, dan harus melewatinya, maka Anda wajib mengetahui kedalaman lubang. Jika terlalu dalam, cobalah mencari area terendah lubang tersebut dan pastikan ban masuk sepenuhnya ke dalamnya.

Namun jika ingin menghindari jalanan rusak tersebut, disarankan untuk tidak mendadak. Pengendara sepeda motor juga diwajibkan untuk memperhatikan area sekitar, khususnya di bagian belakang.

3. Jaga Jarak

Pengendara sepeda motor juga harus bisa memperhatikan jarak aman dengan kendaraan lain saat melintasi jalanan berlubang. Jika telalu dekat, maka dikhawatirkan bakal terjadi benturan ketika ada yang mengerem mendadak. Dengan menjaga jarak, maka keselamatan berkendara Anda bakal lebih nyaman.

4. Konsenterasi

Tips keselamatan berkendara terakhir yang wajib dilakukan oleh para pengendara motor adalah konsenterasi. Ini menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk menghindar dari kecelakaan. Dengan begitu, Anda tidak akan melakukan pengereman dan manuver secara mendadak, sehingga membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

5. Waspada Genangan Air

Saat musim hujan seperti saat ini, banyak jalanan yang tergenang air. Genangan-genanangan itu patut diwaspadai lantaran bisa saja itu merupakan jalanan berlubang.

Karena tertutup air, bisa saja lubang tersebut cukup dalam. Jika memungkinkan lebih baik menghindari genangan itu. Tapi jika tidak, pelankan laju kendaraan dan jangan mengerem mendadak.

Itu tadi tips aman berkendara melewati di jalan raya. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here