Wednesday, 24 April 2024
HomeBerita6 Amalan di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

6 Amalan di Bulan Ramadan Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Bogordaily.net – Berikut enam di bulan Ramadan sesuai sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. ini menjadi pahala ibadah berlipat ganda di bulan mulia. Umat Islam bisa menjalankan ibadah dan meningkatkan takwa.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah. Bulan ini adalah bulan istimewa, penuh kemuliaan, dan yang selalu dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Lantas, apa saja tersebut? Mengutip dari NU Online, berikut merupakan 5 di bulan Ramadan sesuai sunah Rasul:

1. Menyegerakan waktu berbuka
yang pertama yaitu, menyegerakan waktu berbuka dan tidak menunda-nunda. Saat azan Maghrib berkumandang, hendaklah kita segera membatalkan puasa.

Kemudian, Rasulullah SAW juga menyarankan untuk berbuka dengan kurma dan air putih. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).

2. Perbanyak sedekah
Melakukan ibadah puasa merupakan wajib di bulan Ramadan. Orang yang berpuasa ada baiknya memperbanyak sedekah.

Bersedekah bisa dengan menyumbangkan uang atau dengan memberi makanan dan minuman untuk berbuka. Allah SWT menjanjikan ganjaran pahala bagi orang yang melakukan tersebut, sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.” (HR. Tirmidzi no. 807.)

3. Perbanyak membaca Al-Qur'an

di bulan Ramadan selanjutnya yaitu perbanyak baca Al-Qur'an. Dengan tadarus, kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'an.

Semakin sering kita khatam di bulan suci Ramadan, maka semakin banyak ganjaran kebaikan dan pahala yang akan kita peroleh.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits riwayat Imam Tarmidzi, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan”

4. Menjaga lisan
Menjaga lisan sangat diperlukan saat bulan Ramadan. Terlebih, lisan dapat menjadi senjata mematikan, maka dari itu berkatalah yang baik baik dan bermanfaat.

Saat berpuasa, menjaga lisan akan mencegah timbulnya dosa. Sebab, perkataan perkataan yang kurang baik dapat mengurangi pahala puasa.

5. Melaksanakan sahur
Sebelum berpuasa, hendaklah kita melaksanakan sahur. Sahur memiliki manfaat sebagai cadangan tenaga dalam melakukan aktivitas sehari hari saat puasa.

Sahur merupakan sunah pada bulan suci Ramadan. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa terdapat banyak keberkahan dalam sahur.

“Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

6. Menjaga Lisan Tidak berbicara buruk di bulan Ramadhan dianjurkan. Jagalah lisan agar tidak menyakiti hati orang lain. Menjaga lisan juga mencegah timbulnya dosa selama puasa.

Itulah - amalan di bulan Ramadan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here