Saturday, 20 April 2024
HomeHiburan6 Cara Mengatasi Malas di Hari Senin, Persiapkan Mentalmu

6 Cara Mengatasi Malas di Hari Senin, Persiapkan Mentalmu

Bogordaily.net – sering digambarkan sebagai hari yang menyebalkan hingga mendapatkan julukan monster day atau ada istilah lain yakni Monday Blues. Lantas, bagaimana rasa malas bekerja di hari ?

Hari memang bukanlah hari favorit bagi sebagian besar orang, nih. Terutama, setelah hari Sabtu dan Minggu kita libur dan bersenang-senang bersama teman atau keluarga.

Setelah bersenang-senang dan bersantai, di hari kita harus kembali berkegiatan, seperti sekolah dan bekerja.

Monday blues sendiri dapat dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari stres akibat pekerjaan, beban kerja yang tinggi, atau justru tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan di minggu sebelumnya. Yang jelas, rasa malas dan kurang bersemangat akan menyerang Anda di penghujung akhir pekan.

Berikut beberapa Monday Blues dengan efektif yang bisa Anda coba.

1. Kenali Penyebabnya

Cara paling ampuh untuk mengatasi monday blues adalah dengan mengenali penyebabnya. Ketika penyebabnya diketahui, maka cara mengatasinya akan lebih mudah ditemukan.

Misalnya, penyebabnya adalah karena pekerjaan yang menumpuk. Maka untuk kedepannya, Anda bisa mulai mengerjakan setiap pekerjaan dengan time management yang lebih baik. Dengan demikian pekerjaan tidak akan menumpuk di hari , dan hari Anda akan berjalan lebih indah.

2. Lakukan kegiatan menyenangkan atau me time

Kira-kira hal apa yang bisa membuat kamu bahagia dan kembali bersemangat? Kenali apa yang sebetulnya menjadi kebutuhan dirimu sebelum menyambut hari .

Apakah kamu membutuhkan istirahat, bertemu dengan teman dan keluarga, melakukan me time, melakukan hobi, olahraga, relaksasi, atau yang lainnya? Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu kembali bersemangat dan memberikan emosi yang positif.

3. Memanfaatkan hari libur

Lakukan kegiatan yang menyenangkan di hari Sabtu dan Minggu. Misalnya saja pergi bersama teman dan keluarga, melakukan hobi, atau sekadar bersantai di rumah.

Manfaatkan waktu libur ini untuk bersenang-senang dan beristirahat. Sebisa mungkin, jangan mengecek pekerjaan yang enggak mendesak di akhir pekan.

4. Tidur teratur

Meski Anda sedang berakhir pekan, namun pastikan Anda tetap tidur tepat waktu. Begadang akan jadi salah satu hal yang dapat mengurangi semangat menyambut pagi karena kondisi fisik menjadi kurang prima.

Jadi, pastikan Anda tetap tidur tepat waktu, atau setidaknya tidur cukup sehingga tubuh memiliki tenaga yang diperlukan untuk beraktivitas. Di samping itu, tidur teratur juga akan membuat suasana hati lebih stabil ketika Senin datang.

5. Jauhkan diri dari berbagai tugas saat weekend

Waktu di hari Sabtu dan Minggu sebaiknya kamu manfaatkan secara penuh sebagai waktu istirahat. Hindari membahas tugas sekolah, target belajar, atau pekerjaan di akhir pekan. Fokuskan kegiatan di waktu weekend untuk dirimu sendiri dan hal-hal yang kamu senangi.

itulah tadi enam malas di hari Senin. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here