Friday, 26 April 2024
HomeKuliner6 Jenis Keju Paling Mahal di Dunia, Kualitas Premium

6 Jenis Keju Paling Mahal di Dunia, Kualitas Premium

Bogordaily.net – Berikut ini enam jenis keju paling mahal di dengan kualitas premium. Beberapa keju di tersebut mungkin hasil dari kelangkaan bahan-bahannya atau detail cara pembuatannya.

Keju menjadi salah satu makanan yang umum untuk dikonsumsi sehingga kita jarang berpikir bahwa keju sebenarnya adalah makanan mewah.

Berikut Enam Keju Paling Mahal di

1. Keju Moose

Keju moose terbuat dari susu rusa. Keju ini dijual dengan harga mencapai $500 per kilogramnya, dan hanya diproduksi di Jämtland, Swedia.

Yang membedakan keju ini dari keju lainnya adalah susu yang digunakan untuk membuat keju ini berasal dari moose liar. Keju moose memiliki rasa yang unik dan khas, dengan tekstur yang lembut dan kental. Keju ini memiliki aroma yang kuat dan sedikit asin.

Moose Cheese biasanya disajikan dengan cara dipotong tipis-tipis dan disajikan dengan roti, buah-buahan, atau dijadikan sebagai topping untuk hidangan lainnya.

2. Keju Pule

Keju Pule (pule cheese) berasal dari Serbia. Keju ini terbuat dari susu keledai yang hanya dapat ditemukan di peternakan keledai terbesar di , yaitu Zasavica Special Nature Reserve.

Jenis keju yang satu ini memiliki harga mencapai $600 per kilogramnya, sehingga menjadi salah satu keju di . Rasa dan aromanya sangat lezat, kaya, dan creamy dengan aroma yang khas.

Pule cheese biasanya disajikan dengan cara diiris tipis-tipis dan dikombinasikan dengan roti, daging, atau buah. Selain itu, keju pule juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk proses pembuatannya, susu keledai diolah dengan teknik tradisional yang meliputi pemanasan, pencampuran, dan pemisahan padatan dan cairan. Setelah itu, keju diproses dengan metode pematangan yang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mencapai kematangan yang sempurna.

3. Keju Cabrales

Keju Cabrales adalah keju mahal di setelah dilelang pada tahun 2018 lalu. Pada tahun itu, keju Cabrales seberat 2,62 kg terjual seharga $16.000 dan masuk ke Guinness Book of World Records sebagai keju di yang pernah dijual di pelelangan.

Cabrales berasal Spanyol, para peternak sapi perah komune membuat keju dari susu kambing dan domba dan menggunakan metode tradisional yang diturunkan dari generasi sebelumnya.

4. Keju White Stilton Gold

Sebuah varian dari keju Stilton yang dibuat secara tradisional sejak tahun 1911 di desa Stilton, Inggris ini dijual dengan harga sekitar $420 per pon dan juga dijual per potong dengan harga $95 per 100 gram.

Harga tersebut berdasarkan penggunaan gold liquor atau minuman keras emas untuk membuat batch kejunya. Keju White Stilton Gold juga membutuhkan waktu lebih lama dari jenis keju lainnya, untuk memastikan tidak mengembangkan jamur yang dapat dimakan dan membuatnya menjadi keju biru.

5. Keju Wyke Farms

Wyke Farms merupakan produsen keju terbesar di Inggris, menggunakan resep rahasia yang awalnya dimiliki oleh Ivy Clothier pada 1950-an.

Meskipun menggunakan susu sapi biasa sebagai bahan utamanya, nama merek serta metode rahasia yang digunakan untuk membuat keju menjadikan produk ini memiliki harga yang mahal. Keju ini juga mrendah gula atau gluten sehingga cocok untuk orang yang alergi gluten.

Konon, harganya bisa bervariasi tergantung pada usia keju yang ingin dibeli. Wyke Farms Cheddar tertua, yang usianya 15 bulan harga rata-ratanya $200 per pon. Namun, keju yang lebih muda dapat dijual dengan harga lebih murah $14 per pon.

6. Ekstra old bitto

Keju bitto merupakan jenis keju premium yang paling populer di negara Tiongkok walaupun dibanderol dengan harga mahal yaitu sekitar Rp 1.9 juta untuk berat satu pon.

Dilansir dari laman Marketing91, keju bitto berasal dari negara Italia yang terbuat dari campuran susu sapi asal Swedia dan susu kambing orbic. Persediaan keju ini sangatlah langka di pasaran dikarenakan semakin lama keju ini disimpan semakin tinggi pula kualitas dan harganya. Keju bitto juga juga sangat disukai dibeberapa negara asia seperti Tiongkok dan Hong Kong.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis keju paling mahal di dunia dengan kualitas premium.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here