Thursday, 25 April 2024
HomeKuliner6 Makanan Bersantan Khas Indonesia, Mana Favoritmu?

6 Makanan Bersantan Khas Indonesia, Mana Favoritmu?

Bogordaily.net – Berikut ini enam makanan bersantan yang sedap dan lezat. Masakan bersantan dengan bumbu rempah yang kaya menjadi identik kuliner .

Indonesia memiliki beragam masakan yang lezat dan unik, salah satu makanan favorit masyarakat yakni masakan dengan bahan dasar santan.

Masing-masing daerah biasanya memiliki olahan makanan bersantan yang . Dari sekian banyak jenis makanan bersantan Indonesia, berikut 6 yang paling populer dan favorit.

1. Opor ayam

Opor ayam merupakan salah satu makanan bersantan yang menjadi favorit orang Indonesia. Bahkan opor ayam sering dijadikan menu makanan untuk hari-hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri.

Rasa gurih dari daging ayam berpadu dengan santan memang lezat dinikmati bersama dengan potongan ketupat atau nasi.

2. Soto Betawi

Soto merupakan sup Indonesia yang amat beragam. Mulai dari Sumatera hingga Sulawesi, soto hadir dalam berbagai bentuk, rasa, dan bahan. Tidak semua soto menggunakan santan, misalnya Soto Kudus yang memiliki kuah bening.

Namun, untuk rasa yang ekstra gurih, Soto Betawi banyak menjadi favorit masyarakat Indonesia. Dengan potongan daging yang direndam campuran kuah susu dan santan, Soto Betawi memiliki rasa yang sangat .

3. Rendang

Siapa yang tidak tahu rendang? Makanan bersantan dari Sumatera Barat ini telah diakui secara dunia hingga dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh CNN International.

Namun, cara membuatnya tidaklah sederhana. Rendang dimasak dengan proses pemanasan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering. Prosesnya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna coklat.

4. Gulai

Olahan lainnya yang memanfaatkan santan kental adalah gulai. Untuk bumbunya, biasanya berbahan dasar santan dan juga kunyit, sehingga warnanya cantik dan menggugah selera. Sangat enak jadi teman santap nasi.

Biasanya, gulai ini ada di jajaran di Nasi Padang. Untuk jenis daging yang digunakan bermacam-macam, mulai dari telur, otak, ikan, ayam, sapi, bahkan dedaunan seperti daun singkong.

5. Gudeg

Kuliner asli dari Yogyakarta ini juga memanfaatkan santan sebagai salah satu bahan baku utamanya. Gudeg ini terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan.

Santannya tidak kelihatan karena memang sudah menyerap ke nangka muda yang dimasak sampai berjam-jam. Meskipun tidak kelihatan, rasanya tetap nendang. Gurih, manis yang sangat .

6. Lodeh

Sayur lodeh sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari kita. Kuliner Indonseisa satu ini biasanya memadukan kuah santan dengan berbagai macam sayuran.

Untuk sayurannya bisa beragam, tergantung dengan selera. Plus, rasanya juga sesuai dengan keinginan masing-masing, ada yang pedas ataupun tidak. Rasanya sangat sedap, enak dimakan kapan saja bisa-bisa bikin lupa kalau sedang diet.

Itulah tadi enam makanan bersantan Indonesia yang sedap dan lezat.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here