Saturday, 13 April 2024
HomeHiburan6 Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Depresi

6 Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Depresi

Bogordaily.net – Berikut sederet petai untuk . Dibalik aromanya yang khas, petai dapat membantu mengontrol gula darah, petai juga dipercaya mampu menyehatkan jantung dan saluran pencernaan.

Pete merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, pete juga diketahui mengandung banyak nutrisi yang baik bagi manusia.

Parkia speciosa merupakan pohon dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian Barat. Bijinya disebut “pete” atau “petai”, banyak dikonsumsi ketika masih muda.

Pete bisa dikonsumsi mentah/segar atau direbus sebagai lalapan. Tak sedikit juga yang menjadikan pete campuran masakan supaya lebih enak. Salah satunya pada sajian sambal goreng hati yang istimewa.

Tak hanya rasanya yang enak, petai juga memiliki sejumlah kandungan zat yang bermanfaat bagi . Beberapa nutrisi dalam petai di antaranya antioksidan, kalium, vitamin B6, B12, dan C.

Nah, berikut dirangkum dari berbagai sumber, inilah sejumlah manfaat petai yang baik untuk .

1. Melancarkan pencernaan

Tekstur yang lembut dengan serat cukup tinggi, menjadikan petai mudah dicerna oleh lambung, sehingga pencernaan pun lancar. Ketika Anda mengalami sembelit pun, sebaiknya konsumsi petai untuk membantu mempermudah buang air besar lantaran serat yang terkandung dalam pete.

Mengonsumsi petai, menghindarkan Anda dari obat-obatan pencahar yang dapat menimbulkan efek berkelanjutan.

2. Meredakan mabuk

Petai juga dapat membantu menangani kondisi orang yang tengah mabuk. Caranya, dengan menjadikan petai sebagai minuman milkshake yang dicampur dengan susu dan madu.

Peta berfungsi untuk menenangkan kondisi perut yang terasa panas akibat minuman beralkohol. Madu bertugas untuk menaikkan kadar gula dalam darah, sementara susu bermanfaat untuk mengembalikan cairan dalam yang hilang.

3. Mengontrol gula darah

Petai merupakan salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah. Hal ini terjadi berkat kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol di dalam petai yang mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

4. Menyehatkan saluran pencernaan

Petai merupakan sumber serat yang baik. Dengan mencukupi asupan serat yang cukup, Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Tak hanya itu, tingginya serat dalam petai juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan bisa berkurang. Hal ini tentunya bisa membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

5. Menjaga jantung

Manfaat petai selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mampu menjaga jantung. Hal ini dikarenakan kandungan kalium di dalam petai yang mampu menjaga denyut jantung dan tekanan darah tetap stabil.

6. Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam petai dapat membantu meningkatkan daya ingat anak, sehingga mudah dalam mengerjakan soal ujian.

Hal tersebut ditunjukkan pada penelitian yang terjadi di Inggris, tepatnya di Twickenham, London. Pada penelitian tersebut, sekitar 200 anak diminta untuk memakan petai tiga kali dalam sehari. Hasilnya, sewaktu ujian, anak-anak dapat mengerjakan semua soal dengan baik, dari yang mudah hingga tersulit sekalipun.

Demikianlah tadi sederet manfaat petai untuk .(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here