Friday, 19 April 2024
HomeKuliner6 Street Food Indonesia yang Masuk Daftar Jajanan Terenak di Dunia

6 Street Food Indonesia yang Masuk Daftar Jajanan Terenak di Dunia

Bogordaily.net – Berikut enam yang masuk daftar 50 jajanan terenak di Dunia. Pisang goreng sempat ramai jadi perbincangan karena Taste Atlas menobatkan makanan tersebut sebagai dessert gorengan terbaik.

atau makanan yang dijajakan di tepian jalan, menurut FAO (Food and Agricultural Organization) didefinisikan sebagai makanan dan minuman siap saji yang disiapkan dan/atau dijual di tempat umum atau jalanan.

Kali ini Taste Atlas kembali memasukkan pisang goreng masuk ke dalam daftar 50 street food terbaik di dunia.

Selain pisang goreng, ada enam street food lain yang masuk dalam daftar tersebut. Bahkan, peringkatnya lebih baik dari pisang goreng.

Taste Atlas menyusun daftar tersebut dengan judul 50 Best Rated Street Foods in the World pada 17 Februari 2023. Taste Atlas adalah sebuah ensiklopedia kuliner yang memetakan lebih dari 10.000 makanan dan minuman di dunia.

Mereka memang biasa membuat berbagai daftar makanan dan minuman di seluruh dunia. Melansir laman resminya, berikut beberapa street food yang masuk dalam daftar 50 Best Rated Street Foods in the World.

1. Pisang goreng

Cemilan yang berasal dari buah pisang ini mengantongi bintang 4,6 dan berada di peringkat 41. Terbontot dari deretan dari lainnya yang masuk ke dalam daftar.

Kendati peringkatnya tidak begitu mencengangkan, Taste Atlas menyebut pisang goreng adalah jajanan yang ada di keseharian masyarakat Indonesia. Saking populernya, pisang goreng memiliki beberapa sebutan dalam bahasa daerah seperti godoh biu di Bali dan gedhang gorèng di Jawa.

2. Tempe mendoan

Tempe mendoan merupakan variasi tempe goreng yang banyak digemari. Tempe mendoan menempati urutan ke-14 sebagai terenak di dunia.

Camilan khas Purwokerto, Jawa Tengah ini menggunakan tempe yang lebih lebar daripada tempe goreng biasa. Adonan tempe terasa lebih kaya berkat campuran bawang putih dan ketumbar lalu diberi potongan daun bawang.

Tempe memiliki tekstur seperti tempe goreng setengah matang. Ternyata nama mendoan berasal dari kata ‘mendo' yang dalam bahasa Banyumasan berarti setengah matang. Tempe mendoan nikmat disajikan bersama sambal kecap.

3. Nasi Uduk

yang satu ini merupakan olahan nasi yang ada di Indonesia. Nasi uduk merupakan olahan nasi dengan santan dan bahan-bahan lain. Proses ini memunculkan bau wangi dan rasa yang khas jika kita bandingkan dengan nasi biasa. Nasi uduk cocok untuk kita makan dengan lauk seperti telur goreng, tempe, tahu, teri, daging, dan kerupuk.

Aslinya nasi uduk berasal dari Jakarta, namun saat ini hampir di setiap daerah di Indonesia bisa ditemukan makanan yang satu ini. Nasi uduk dalam daftar Atlas Taste menduduki peringkat 16 dengan bintang mencapai 4,7.

4. Pempek

Pempek adalah makanan khas daerah Palembang yang menduduki peringkat 14 dengan bintang 4,7. Adonan pempek terbuat dari ikan dan tepung tapioka. Adonan ikan tersebut lalu digoreng hingga menguning dan bertekstur crispy. Pempek bisa kita sajikan dengan timun, mie, dan saus cair asam manis.

5. Siomay

Siomay menjadi dari Indonesia yang berhasil menembus 10 besar jajanan tradisional terbaik se-dunia. Posisinya berada di urutan 10 dengan bintang 4,7. Makanan yang banyak terpengaruh dengan tradisi kuliner China itu terdiri atas berbagai bahan seperti telur, kentang, kubis, tahu, dan olahan ikan. Siomay mempunyai saus kacang sebagai sentuhan akhir.

6. Bubur ayam

Bubur ayam menempati urutan ke-13 setelah panzerotti khas Italia dan mantau Shengjian dari China. Makanan satu ini jadi menu sarapan favorit sebagian orang Indonesia. Bubur terbuat dari beras dengan siraman kaldu dan suwiran ayam sebagai topping utama.

Umumnya bubur ayam menggunakan topping beragam mulai dari potongan cakwe, seledri, daun bawang, bawang goreng, kacang kedelai juga telur rebus. Anda suka bubur diaduk atau tidak diaduk?

Itulah tadi Indonesia yang masuk 50 jajanan terenak di dunia. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here