Saturday, 4 May 2024
HomeHiburan7 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Secara Alami

Bogordaily.net – Berikut cara mudah menghilangkan di usia muda secara alami. Siapa bilang kalau hanya muncul saat usia sudah menua. Nyatanya, sekarang ini sudah banyak anak muda yang beruban. Tentu saja hal ini kerap menurunkan kepercayaan diri.

Penyebab munculnya di usia muda ada banyak hal. Namun, yang pasti, rambut putih ini terkadang membuat tidak percaya diri, biasanya karena takut dianggap tua.

Perlu diketahui rambut terjadi karena tubuh sudah lebih sedikit memproduksi pigmen yang bisa mewarnai rambut, dan umumnya baru terjadi jika sudah di usia 35 tahun.

Namun jika merasa tumbuh sebelum waktunya, bisa kok dihilangkan dengan cara merubah pola hidup.

Berikut ini 7 cara menghilangkan dengan bahan alami.

1. Menjaga Cairan Tubuh

Asupan mineral tembaga pada manusia, sangat dipengaruhi oleh peran cairan tubuh. Cairan seperti minuman yang mengandung kafein dan alkohol, patut dikurangi karena merupakan penyebab . Cara terbaik ntuk menjaga cairan tubuh adalah dengan meminum air putih.

Setidaknya dalam satu hari konsumsi dua liter air. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh melalui keringat dan urin. Mineral tembaga juga bisa didapatkan pada makanan seperti kacang mete, kacang almond, minyak biji matahari, biji labu, bayam, nanas, dan buah delima.

2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok berlebihan tidak hanya berpengaruh pada kesehatan paru-paru. Kebiasaan merokok juga dapat merusak dan mengecilkan folikel rambut, sehingga cepat beruban.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 menunjukkan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi terhadap pertumbuhan sebelum berusia 30 tahun.

3. Konsumsi makanan bernutrisi

Salah satu penyebab rambut jadi tumbuh karena tubuh kekurangan vitamin B-6, B-12, Vitamin E. Anda disarankan memenuhi asupan vitamin dan mineral dalam tubuh, dengan mengonsumsi sayuran, ikan, daging, telur, oat, serta kacang-kacangan.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki antioksidan tinggi yang efektif mengatasi . Cukup membalurkan minyak secukupnya ke rambut dan tunggu satu jam sampai meresap. Setelah selesai menggunakan minyak kelapa, bisa lanjut keramas seperti biasa sampai rambut kembali bersih.

5. Berhentilah Mencabut Uban

Dengan sering mencabut uban, maka potensi rambut uban semakin besar. Hal ini dikarenakan rambut yang dicabut paksa, secara otomatis akan mencabut akar rambut sehingga merusak banyak saraf di pangkal akar rambut. Hal ini akan berdampak pada sinyal produksi pigmen pada rambut.

6. Hindari Penggunaan Semir Rambut

Untuk menghilangkan uban pada kepala, sebetulnya tidak perlu dengan cara mencat rambut. Hal yang dapat dilakukan adalah cukup dengan cara alami dengan memanfaatkan seperti daun rambutan, minyak kemiri, biji papaya dan merang. Bahan-bahan alami tersebut selain sehat juga membantu menumbuhkan rambut baru dengan warna asli.

7. Istirahat dan Olahraga Cukup

Padatnya aktivitas dan minimnya istirahat dapat membuat tubuh tak dapat memproduksi zat-zat penting secara maksimal, serta mengganggu sistem kerja organ tubuh. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan melanin juga akan terhambat. Akibatnya, rambut tidak menjadi hitam. Selain itu, berolahraga cukup juga akan membantu memperlancar sirkulasi darah. Sehingga zat penting dan mineral dari makanan akan sampai ke kepala.

Itulah tadi 7 cara menghilangkan uban dengan bahan alami.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here