Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorAkses Jalan ke Arah Stasiun Batutulis Bogor Longsor, Ini Penjelasan BPBD

Akses Jalan ke Arah Stasiun Batutulis Bogor Longsor, Ini Penjelasan BPBD

Bogordaily.net – Jalan RE Sumantadireja yang menjadi akses menuju Stasiun , Selatan, Kota Bogor, mengalami , pada Selasa 14 Maret 2023.

Namun meski demikian, tersebut tidak mengganggu akses jalan atau lalu-lintas (lalin) dari arah menuju Rancamaya, maupun sebaliknya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas menjelaskan bahwa, informasi dari lapangan, kejadian terjadi sekitar jam 09.00 WIB pagi hari.

“Posisinya longsoran itu pas turunan atau tanjakan yang menukik. Sebelum rel kereta api,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas kepada Bogordaily.net, Selasa,14 Maret 2023.

Ia mengatakan, longsoran tersebut diduga imbas dari curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu di Kota Bogor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Namun, kata Theo, saat ini teman-teman dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, sedang melakukan buka tutup jalur di area longsoran. Hal tersebut karena kondisi jalan yang menyempit akibat longsoran.

Theo menambahkan, longsoran yang terjadi pada proyek underpass. Menurut pihak pengembang, pekerjaan yang mereka bangun belum kering lalu terlanjur terkena hujan deras dan masuk ke dalam.

“Ditambah getaran dari kendaraan akhirnya berpengaruh pada pekerjaan itu. Pihak pengembang selanjutnya akan menghadirkan alat berat untuk melakukan penanganan pada tersebut,” jelas Theo.

Mulai malam ini, kata Theo, alat berat akan berdatangan untuk memulihkan pasca longsoran. Nantinya, pihak pengembang akan memasang penahan tebing di area longsoran.

Theo menambahkan, hal itu memang perlu dilakukan dengan segera karena khawatir berdampak pada pipa PDAM yang ada di lokasi .

“Mudah-mudahan malam ini bisa merapat alat-alat beratnya. Sehingga sehari atau dua hari ke depan situasi bisa normal kembali,” tutup Theo. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here