Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaApa Arti Fomo? Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial

Apa Arti Fomo? Bahasa Gaul yang Viral di Media Sosial

Bogordaily.net – Beberapa hari terakhir, istilah FOMO tengah viral digunakan di Twitter. Walaupun sebenarnya kata FOMO sudah lama kerap digunakan, namun rupanya masih banyak yang mencari tahu apa FOMO.

Kalau kamu sendiri apakah sudah benar-benar mengetahui apa FOMO?

Kata FOMO sendiri menjadi trending karena konser BLACKPINK di Gelora Bung Karno (GBK) pada 11 dan 12 Maret 2023. Banyak warganet menganggap bahwa orang-orang yang menonton konser tersebut tak seluruhnya merupakan penggemar BLACKPINK, sebagian menonton hanya karena FOMO.

Salah satu selebgram yang bahkan namanya ikut diseret karena dianggap menonton konser BLACKPINK karena FOMO ialah Rachel Vennya. Lantas apa sebenarnya FOMO dalam ?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan mengenai FOMO yang viral belakangan ini.

Melansir berbagai sumber, arti kata fomo berkaitan dengan gaya hidup di era sekarang ini.

FOMO adalah salah satu dalam Inggris. Namun, dalam Inggris, FOMO bukan merupakan kata tunggal. FOMO merupakan akronim atau singkatan dari “Fear of Missing Out”.

Secara harfiah, arti FOMO yang merupakan singkatan dari “Fear of Missing Out” adalah ketakutan atas kehilangan atau ketinggalan dalam sesuatu hal.

Sementara itu, dikutip dari USA Today, secara pengertian spesifik, FOMO artinya adalah perasaan ketakutan atau kecemasan khusus yang muncul ketika seseorang menganggap dirinya bakal kehilangan beberapa interaksi sosial yang penting.

Rasa takut ketinggalan ini mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, menjalani kehidupan yang lebih baik, atau mengalami hal-hal yang lebih baik.

Menyadur VeryWellMind, berikut adalah gejala fomo.

1. Selalu mengecek gadget. Kebiasaan memegang gadget seakan sudah tidak bisa dihilangkan. Seseorang yang mengalami FOMO akan selalu mengecek ponsel tepat ketika bangun tidur bahkan sebelum tidur seakan tidak mau ketinggalan berita apapun.

2. Lebih peduli dengan media sosial daripada kehidupan nyata akibatnya muncul keinginan untuk diakui orang lain di dunia maya.

3. Selalu ingin tahu kehidupan orang lain.

4. Selalu ingin tahu gosip terbaru.

5. Mengeluarkan uang melebihi kemampuan dan membeli hal yang sebenarnya tidak penting dengan dalih agar tidak ketinggalan zaman.

6. Mengatakan “ya” bahkan disaat sedang tidak ingin. Hal ini sering terjadi ketika seseorang tidak ingin ketinggalan apapun sehingga selalu menerima setiap ajakan yang sebenarnya tidak menarik atau tidak perlu.

Bagaimana? sudah tidak penasaran dengan apa arti Fomo kan? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here