Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalApa Arti Kata WiFi? Ternyata Ini yang Sebenarnya

Apa Arti Kata WiFi? Ternyata Ini yang Sebenarnya

Bogordaily.net–  Apa arti kata ? Kata mencuat di laman pencariaan Google Trends sepanjang Rabu, 8 Maret 2023. selama ini dikenal dengan kepanjangan Wireless Fidelity. Ternyata arti sebenarnya bukanlah Wireless Fidelity. Lalu apa arti ? Simak ulasannya berikut ini.

Melansir Webopedia, adalah nama teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan jaringan berkecepatan tinggi dan koneksi Internet.

The Wi-Fi Alliance, sebuah organisasi yang memiliki istilah Wi-Fi (merek dagang terdaftar) secara khusus mendefinisikan Wi-Fi sebagai produk jaringan area lokal nirkabel (WLAN) yang didasarkan pada Institute of Electrical and Electronics Engineers' (IEEE) 802.11 standar.”

Baca Juga: Arti Kata Gamon dalam Bahasa Gaul Apa? Simak Nih Buat yang Jatuh Cinta

awalnya hanya digunakan sebagai pengganti standar 2.4GHz 802.11b, tetapi Alliance memperluas penggunaan umum istilah untuk menyertakan semua jenis jaringan atau produk WLAN.

berfungsi tanpa koneksi kabel fisik antara pengirim dan penerima dengan menggunakan teknologi frekuensi radio atau RF, frekuensi dalam spektrum elektromagnetik yang terkait dengan perambatan gelombang radio. Ketika arus RF dipasok ke antena, medan elektromagnetik dibuat yang kemudian dapat merambat melalui sebuah ruang.

WiFi didukung oleh banyak aplikasi dan perangkat termasuk konsol video game, jaringan rumah, PDA , ponsel, sistem operasi utama, dan jenis elektronik konsumen lainnya.

Masih menurut Webopedia, kesalahpahaman umum istilah WiFi selama ini adalah kependekan dari wireless fidelity. Wi-Fi ternyata hanyalah istilah merek dagang yang berarti IEEE 802.11x. WiFi sebenarnya bukan kependekan dari kata apa pun dan tidak pernah ada.

Nah itulah penjelasan tentang arti kata WiFi dan asal muasalnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here