Friday, 26 April 2024
HomeHiburanApakah Menangis Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Ini Penjelasannya

Apakah Menangis Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Ini Penjelasannya

Bogordaily.net – Kebanyakan masyarakat percaya bahwa saat puasa di bulan Ramadan dapat membatalkan puasa yang dijalani. Meskipun hal tersebut belum diketahui kebenarannya. Namun, apakah saat puasa Ramadan bikin batal?

terus-menerus dan tak terkendali dapat membuat diri Anda kesal, malu, tidak nyaman dan merasa lelah. Tentunya, hal ini bisa mengganggu ibadah puasa.

Dilansir dari NU Online, telah dijelaskan dalam berbagai kitab bahwa tidak menjadi salah satu hal yang dapat membatalkan puasa.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan puasa yang dijelaskan dalam kitab Matnu Abi Syuja', yang berbunyi:

والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء : ما وصل عمدا إلى الجوف أو الرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والإغماء كل اليوم والردة

Artinya: “Yang membatalkan puasa ada sepuluh hal, yakni sesuatu yang sampai pada rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala, mengobati dengan memasukkan sesuatu pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur), muntah secara sengaja, melakukan hubungan seksual secara sengaja pada alat kelamin, keluarnya mani sebab bersentuhan kulit, haid, nifas, gila, pingsan, dan murtad,” (Syekh Abi Syuja', Matnu Abi Syuja', hal. 127).

Meskipun saat puasa Ramadan tidak membatalkan puasa, namun apakah bisa mengurangi pahala puasa?

Lebih lanjut dari NU Online juga telah dijelaskan bahwa selama air mata selama tidak masuk ke dalam mulut dan tertelan, maka puasa masih dianggap sah dan tidak batal, bahkan tidak mengurangi pahala.

Hukum saat puasa bisa dibilang adalah sesuatu yang .

Makruh artinya sesuatu yang dianjurkan untuk ditinggalkan atau tidak dilakukan, namun meski dilakukan juga tidak menimbulkan dosa.

Jadi, ada baiknya hindari hal-hal yang membuat emosi hingga membuat Anda saat puasa.

Jadi, sudah jelaskan apakah saat puasa Ramadan bikin batal?(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here