Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaBakal Ada Perbedaan Waktu Idul Fitri Tahun Ini, Begini Kata MUI

Bakal Ada Perbedaan Waktu Idul Fitri Tahun Ini, Begini Kata MUI

Bogordaily.net – Awal Ramadan, Muhammadiyah dan Pemerintah melaksanakan puasa secara bersamaan pada , 23 Maret 2023. Namun, menurut Majelis Ulama Indonesia () akan ada dalam penetapan waktu Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Hal itu disampaikan Ketua Abdullah Jaidi. Hal itu lantaran sebelumnya, Organisasi Islam Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1444 Hijriah akan jatuh pada 21 April 2023 mendatang.

“Kemungkinan terjadi adalah nanti di 1 Syawal-nya,” ujar Jaidi dikutip dari Suara.com.

Walau kemungkinan adanya perbedaan, Jaidi berharap pemerintah dapat mencarikan solusi dalam mengatasi kemungkinan itu. Dia mewanti-wanti agar jangan sampai menjadikan ada di antara umat Islam.

“Sikap kita sebagai umat Islam, kita sebagai warga bangsa tetap saling hormat, menghormati di antara satu dengan yang lain,” tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kemenag RI baru saja mengumumkan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada , 23 Maret 2023. Keputusan itu disampaikan usai penyelenggaraan sidang isbat.

“Oleh karena itu berdasarkan hisab posisi hilal di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan telah memenuhi kriteria serta laporan rukiyatul hilal. Tadi kita bersepakatan secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada , 23 Maret 2023 Masehi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan langsung Suara Live Facebook, Rabu, 22 Maret 2023.

Keputusan tersebut diambil setelah rukyatul hilal diselenggarakan di 124 lokasi di sejumlah provinsi di Tanah Air, antara lain yaitu Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY hingga Papua Barat.

Adapun penyelenggaraan dan pengawasan kegiatan rukyah hilal itu dikoordinasikan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU). Sementara hasil observasi dari semua titik pengamatan nantinya akan dilaporkan kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here