Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorBapenda Jabar Gelar Sosialisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Sukaraja

Bapenda Jabar Gelar Sosialisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Sukaraja

Bogordaily.net – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) gelar (PKB) di aula kantor Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, pada Rabu 29 Maret 2023.

Kepala Pusat Pengedalian Pendapatan (P3DW) Daerah Kabupaten Bogor Bapenda Provinsi Jawa Barat, Yadi Cahyadi mengatakan bahwa, pajak merupakan sumber utama pembiayaan pembangunan daerah atau sekitar 85 hingga 90 persen, baik Provinsi maupun Kabupaten, Kota di Jawa Barat.

“PKB merupakan jenis pajak Provinsi yang besar dan ada bagi hasil terhadap Kabupaten Bogor, itu cukup besar sekali, sehingga disisi lain masih banyak masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban,” kata Yadi Cahyadi kepada Wartawan, Rabu 29 Maret 2023.

Dengan adanya kegiatan ini dapat memudahkan Bapeda untuk berkolaborasi dengan aparat Pemerintah Desa, untuk mengedukasi masyarakat tentang membayar pajak.

“Kita perlu kewilayahan atau kolaborasi dengan Kecamatan dan Kades, sehingga mudah-mudahan kedepanya perangkat desa terutama mengedukasi lebih lanjut ke masyarakat agar taat akan kewajiban,” jelasnya.

Yadi menanbahkan, adapun target dalam sosialisai ini adalah masyarakat.

Sementara untuk di Kecamatan Sukaraja sendiri, membayar pajak masyarakat sudah mencapai 30 persen dan sisanya belum melaksanakan pajak.

“Kurang lebih kalau di Sukaraja disini ada sekitar 30 persen dari potensi yang belum melaksanakan kewajibanya, di desa dan kecamatan lain pun sama, sebetulnya untuk sanksi itu ada berupa denda,” ungkapnya kepada Wartawan.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here