Thursday, 25 April 2024
HomePolitikBawaslu Himbau Semua Parpol Dilarang Kampanye di Bulan Ramadan

Bawaslu Himbau Semua Parpol Dilarang Kampanye di Bulan Ramadan

Bogordaily.net – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengimbau semua pihak, meminta seluruh partai politik ()  peserta pemilihan umum (Pemilu)  dilarang memanfaatkan momentum 1444 Hijriah untuk .

Dia mengimbau seluruh pihak, terutama partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 tidak menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk berkampanye di bulan suci .

“(Dalam kegiatan yang diadakan di bulan Ramadhan) Tidak boleh ada ajakan mengajak (masyarakat untuk memilih peserta pemilu tertentu) pada pemungutan suara 14 Februari 2024,” kata Bagja.

Sebelumnya, imbauan senada juga telah disampaikan oleh anggota Bawaslu, Lolly Suhenty di sela-sela acara “Bincang-Bincang Bawaslu dengan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024”.

Lolly mengingatkan, partai politik () peserta Pemilu 2024 agar tidak mencampuradukkan kebaikan selama bulan dengan politik sebagai upaya kampanye terselubung.

“Yang tidak boleh bagi Bawaslu, koridornya mencampuradukkan antara berbuat kesolehan, kebaikan dengan kampanye terselubung,” kata dia.

Meskipun demikian, Lolly menegaskan, Bawaslu tidak dalam konteks melarang peserta pemilu untuk berbuat kebaikan ketika bulan .

“Bawaslu tidak dalam konteks melarang orang bersedekah. Bawaslu tidak dalam konteks melarang orang untuk memberikan santunan,” ucap dia.

Namun yang dilarang, kata Lolly, adalah tindakan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

“Misalnya, menjanjikan memberikan uang atau materi lainnya, baik masa kampanye, masa penghitungan, maupun masa tenang,” ujar dia.

Hal tersebut, kata dia, lantaran tahapan Pemilu 2024 saat ini masih sosialisasi , sedangkan masa kampanye baru akan berlangsung pada 28 November 2023.

“Yang boleh dilakukan peserta Pemilu 2024 selama bulan Ramadhan di tengah tahapan sosialisasi ini adalah menyosialisasikan diri kepada masyarakat,” ujar Loly.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here