Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorBaznas Launching "Bogor Berzakat" dan Lantik Pengurus UPZ

Baznas Launching “Bogor Berzakat” dan Lantik Pengurus UPZ

Bogordaily.net – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor secara resmi melaunching “Bogor Berzakat” dan dibarengi dengan pelantikan para pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) se Kota Bogor.

Kegiatan tersebut berlangsung di GOR Pajajaran, mereka yang dilantik berasal dari para guru, mahasiswa dan milenial, untuk masa jabatan lima tahun, pada Senin 20 Maret 2023.

Wakil Ketua 1 Subhan Murtadla menjelaskan bahwa, untuk menggerakan Bogor Berzakat, pihaknya membentuk duta gemar infaq untuk tingkat sekolah dasar dan pertama.

“Ini yang dilantik ada seribu orang. Untuk tingkat mahasiswa dan milenial kita bentuk duta zakat,” kata Wakil Ketua 1 Subhan Murtadla kepada wartawan, Senin 20 Maret 2023.

Ia mengatakan, setelah mereka semua dilantik, nantinya bertugas untuk menyampaikan informasi di tingkatnya masing-masing.

Untuk UPZ tingkat sekolah, kata Subhan, para ketua yang kebanyakan guru agama tersebut bertugas untuk menghimpun dana zakat. Bisa juga menghimpun dana zakat profesi, dan bisa menggerakan infaq anak-anak.

“Hal itu juga tentunya sebagai edukasi kepada anak-anak, untuk berinfaq sejak dini, khususnya di lingkungan sekolah,” jelas Subhan.

Subhan menambahkan, Bogor berzakat tentunya diharapkan bisa meningkatkan penghimpunan, yang mana nantinya dari zakat tersebut banyak manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat penerima.

Seperti, pemberian beasiswa pelajar sebanyak 250 siswa. Kemudian beasiswa untuk sarjana sebanyak 100 orang dan juga program lainnya seperti bedah rumah.

Sehingga, semua akan terealisasikan secara maksimal ketika penghimpunnya juga dilaksanakan dengan semaksimal dan seoptimal mungkin.

“Karena gini, Baznas itu tidak bisa berdiri sendiri, karenakan potensi zakat itu luar biasa, makannya kita bentuk unit-unit pengumpul zakat,” kata Subhan.

Baca Juga: Police Goes to School, Kapolresta Bogor Kota Motivasi 600 Pelajar SMA Negeri 7

Bahkan, kata Subhan, untuk mengoptimalkan potensi zakat yang besar, UPZ sudah hadir sampai tingkat RW, dan Kelurahan.

Hal itu untuk memajukan dan mewujudkan program ke depannya, yaitu yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian warga. Berupa modal yang diberikan kepada para penerima.

“Harapan kita nantinya target tahun ini ada 100 pengusaha baru di Kota Bogor,” tutup Subhan. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here