Tuesday, 16 April 2024
HomeOtomotifBerapa Harga Motor Listrik Volta, Gesits, dan Selis setelah Dapat Subsidi?

Berapa Harga Motor Listrik Volta, Gesits, dan Selis setelah Dapat Subsidi?

Bogordaily.net–  Berapa harga motor listrik setelah mendapat subsidi dari pemerintah? Jawaban soal pertanyaan ini akan diulas lewat artikel di bawah ini. Yuk simak.

Seperti diketahui, motor listrik Gesits, , dan bakal dapat subsidi dari pemerintah. Nilainya mencapai Rp7 juta per motor listrik. Subsidi untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) diberikan kepada 200 ribu unit motor mulai 20 Maret 2023 mendatang.

Subsidi diberikan pemerintah kepada tiga merek motor listrik yang TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 40% yaitu , Gesits, dan .

Berapa harga motor listrik Gesits, , dan setelah mendapat subsidi? Untuk motor Gesits dilansir dari Oto.com dibanderol dengan harga Rp28,7 juta. Jika mendapat subsidi Rp7 juta maka harga motor tersebut menjadi Rp21,7 juta.

Baca Juga: Syarat Beli Motor Listrik Dapat Subsidi Apa Saja? Jangan Lupa Siapkan Ini

Kemudian untuk motor listrik jenis Virgo harganya mencapai Rp15,45 juta serta  401 Rp14,9 juta. Jika mendapat subisidi maka harga kedua motor tersebut masing-masing Rp8,45 juta dan Rp7,9 juta.

Sedangkan untuk motor terdapat beberapa varian yang dengan harga berkisar antara Rp11,5 juta hingga Rp24 juta untuk E-Max dan Rp27 juta untuk Selis Go Plus.

Sebelumnya diberitakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan pemerintah berperan mendorong industri dan untuk mengejar adopsi KBLBB di Indonesia, maka pemerintah perlu menerapkan kebijakan yang mendukung program tersebut.

Regulasi tersebut didesain berupa skema bantuan pemerintah yang diharapkan dapat menstimulasi pasar kendaraan listrik. Saat ini sudah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBLBB, tetapi kebijakan tersebut belum cukup untuk menggenjot produksi dan penjualan KBLBB di Indonesia.

Penggunaan KBLBB dinilainya akan mendorong keberlanjutan alam dengan pengurangan emisi gas rumah kaca dan sumber daya Indonesia yang kaya akan bahan baku mineral kritis untuk KBLBB.

“Saat ini kita sedang membangun baterai industri, tentunya akan mendorong terciptanya lapangan kerja baru dan menaikkan pendapatan negara kita,” ujar Luhut dilansir dari laman resmi Marves dalam konferensi pers di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Senin, 6 Maret 2023.

Di tempat yang sama Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu, mengatakan bantuan pemerintah nantinya sebesar Rp7 juta per unit untuk pembelian 200.000 unit kendaraan sepeda motor listrik baru. Selain itu juga akan ada bantuan Rp7 juta per unit untuk konversi 50 ribu sepeda motor konvensional berbahan bakar bakar bakar ke listrik di tahun 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here