Monday, 29 April 2024
HomePolitikBerbeda dengan Kampanye, Parpol Malah Dibolehkan Sosialisasi

Berbeda dengan Kampanye, Parpol Malah Dibolehkan Sosialisasi

Bogordaily.net belum boleh melakukan kampanye. Tetapi Bawaslu Purwakarta mempersilakan parpol untuk melakukan sebagai peserta . Pasalnya tahapan kampanye baru akan dimulai jelang akhir 2023.

boleh, tapi tidak dengan kampanye. Belum boleh,” kata Komisioner Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos, dikutip dari RMOL, Minggu 5 Maret 2023.

Hal ini sejalan dengan PKPU 33 Tahun 2018 perubahan kedua atas PKPU 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilu. Di mana di Pasal 25 ditegaskan, parpol boleh memasang lambang dan nomor urut parpol, tidak yang lain seperti visi misi, citra diri, hingga ajakan memilih.

“Bentuk lainnya, parpol boleh menggelar kegiatan pendidikan namun sifatnya untuk pengurus, anggota atau kader parpol. Jadi internal saja,” ujar Binos.

Tidak hanya itu, Binos juga meminta yang akan melaksanakan kegiatan melalui metode pertemuan terbatas agar menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU maupun Bawaslu selambat-lambatnya satu hari jelang pelaksanaan acara.

“Sanksi terhadap pelanggaran-pelanggaran ini bisa kita berikan dalam bentuk peringatan hingga penertiban alat peraga kampanye,” tutup Binos.

Baca juga : Ratusan Mahasiswa dan Aktivis LSM NTB Ikuti Gerakan Kampanye Perdamaian FingerPeace

Sebelumnya,  () menegaskan bahwa agenda  di Pemilu 2024 bakal berlangsung selama 75 hari. Adapun tahapan  tersebut dimulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik menjelaskan masa kampanye itu diatur berdasarkan Peraturan  (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 yang berisi jadwal kampanye.

“Jadwal kampanye tetap pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 atau selama 75 hari,” ungkap Idham, Jumat, 16 Desember 2022.

Menurut Idham, meski ada perubahan masa kampanye  dari tiga hari menjadi 25 hari daftar calon tetap (DCT), tetapi masa kampanye tetap akan dimulai 28 November 2023.

Dirinya mengungkapkan, perubahan waktu penetapan DCT untuk persiapan distribusi logistik dan akan berjalan beriringan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here