Monday, 29 April 2024
HomeEkonomiBPS Sebut Pemerintah Bisa Tekan Inflasi di Indonesia

BPS Sebut Pemerintah Bisa Tekan Inflasi di Indonesia

Bogordaily.net– Badan Pusat Statistik Republik Indonesia ( RI) mengklaim pemerintah telah berhasil menekan angka inflasi di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia ( RI) Margo Yuwono usai kegaiatan peresmian layanan Pojok Statistik di Kampus IPB University, pada Selasa 21 Maret 2023.

ini karena menjadi isu yang sentral di masyarakat, karena kalau tidak bisa dikendalikan maka akan turun daya beli masyarakat,” kata Margo Yuwono.

Menurutnya, telah memberikan kontribusi dengan melakukan kordinasi dengan seluruh pemerintah daerah, bupati, gubernur, dengan Kemendagri setiap Minggu.

“Jadi setiap Minggu itu melakukan evaluasi harga per kabupaten dan kota yang melibatkan seluruh pemerintah daerah, baik itu gubernur maupun bupati dengan mendagri,” jelasnya.

Baca Juga: Plaza Toyota Citeureup Promo SBE New Normal Jelang Ramadhan

Ia mengatakan, berdasarkan laporan mingguan tersebut nantinya bisa mencatat harga komoditi yang tinggi agar dapat segera ditekan angka inflasinya dan daya beli masyarakat dapat terjaga.

“Harapanya dari laporan mingguan itu kita bisa tau pergerakan harga yang tinggi itu pada kelompok komunitas apa, kalau itu tinggi harganya dan kenaikanya, maka inflasinya bisa ditekan secepat mungkin, supaya daya beli masyarakat bisa terjaga,” ujar Margo Yuwono.

Ia menambahkan, adapun untuk penilaiannya berdasarkan perbandingan dengan tren di negara lain seperti Inggris, Amerika hingga Turki yang menyentuh angka 80 sampai 90 persen, tetapi tidak demikian dengan Indonesia.

“Alhamdulillah kalau diliat tren negara lain Inggris, Amerika, Turki itu kan sampai ada yang 80 hingga 90 persen, kita masih di sekian lima persen,” imbuhnya.

Dengan begitu kata Margo Yuwono, Pemerintah saat ini telah berhasil untuk menekan di Indonesia, dibandingkan dengan tahun lalu.

“Artinya Pemerintah itu berhasil menekan , ada memang tinggi dari tahun lalu, tapi kalau dibandingkan di era yang banyak dibsursi ini, Indonesia termasuk dalam yang menekan ,” ungkapnya memberikan penjelasan kepada wartawan termasuk Bogordaily.net. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here