Friday, 19 April 2024
HomeEkonomiBSI Dorong Anak Muda Merdeka Finansial Lewat Produk yang Mudah dan Menarik

BSI Dorong Anak Muda Merdeka Finansial Lewat Produk yang Mudah dan Menarik

Bogordaily.net – PT Bank Indonesia Tbk. () terus mendorong anak muda agar dapat merdeka secara finansial. Lewat produk-produk yang menarik dan memberikan kemudahan, yakin pembiayaan berbasis akan semakin diminati oleh masyarakat.

Direktur Sales & Distribution Anton Sukarna menyebutkan, salah satu produk yang mulai diminati oleh anak muda adalah Griya Simuda untuk memiliki rumah idaman.

Anton menyebut produk tersebut diminati karena anak muda dapat menyesuaikan pembayaran dengan pendapatan mereka lewat pembiayaan berbasis . Dengan pembiayaan , cicilan per bulan tidak akan berubah karena sudah ditetapkan dalam akad awal.

“Fleksibilitas ini yang kemudian harus bisa diaplikasikan dalam bentuk fitur produk, karena ini bagian dari keunggulan bank , keunggulan yang hakiki dari sebuah model transaksi syariah yang kemudian kita bentuk nanti dalam bentuk fitur dan ini pun akan menjadi comparative advantage dan ujungnya akan menjadi benefit buat customer kita. Sehingga ini yang kemudian kita jadikan sebagai solusi bagi para milenial kita untuk memiliki rumah,” kata Anton dalam acara ‘Merdeka Finansial dengan Produk Keuangan Syariah' yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga : Promo J.CO Hari Ini di Store, Ada Jpops dan Thai Tea

3 Perspektif Harta yang Dimiliki

Anton melanjutkan, untuk mencapai merdeka finansial setidaknya ada 3 perspektif dalam mengembangkan harta yang dimiliki. Pertama adalah didorong untuk terus berkembang. Kedua adalah wealth distribution. Ketiga, melalui zakat.

“Distribusinya harus ada tapi yang di ujung yang kadang-kadang kita lupa setelah bagaimana wealth itu, kita harus juga purifikasikan atau bersihkan. Itu bukan hanya bersih di kita nya, tapi ketika kita bersihkan rizki kita atau apa harta kita, maka dia akan ada dampak pemerataan keadilan, pemerataan kesejahteraan, untuk pihak yang lain,” tuturnya.

Anton menyebut bahwa di dalam sistem transaksi dan perbankan syariah, efek keberlanjutan menjadi salah satu hal yang diperhatikan.

Sistem syariah, lanjutnya, merupakan sebuah lingkaran keberkahan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

Baca juga : Kode Promo Takjil Burger King, Jum'at 31 Maret 2023

Dengan penerapan sistem syariah, dampak positif dari kemerdekaan finansial ini akan dirasakan secara luas oleh masyarakat lainnya, bahkan lingkungan.

“Konsep yang harus kita pahami lebih dalam yakni perspektif bahwa transaksi-transaksi di syariah itu semestinya memberikan efek kelanjutan yang juga baik. Ini value added-nya mestinya ada, karena dia adalah transaksi yang langsung masuk ke dalam transaksi real ya bukan transaksi yang kemudian menurunkan transaksi lain yang tidak jelas underlying-nya. Oleh karena itu, maka ini harus kita pahami dari awal bahwa syariah memberikan nilai tambah yang riil dan kemudian memberikan dampak kesejahteraan baik dari pemerataan, maupun dari sisi keadilannya,” ucap Anton.

“Tapi di sisi lain perlu kita pahami juga bahwa ketika seseorang bertransaksi syariah kemudian mendapatkan untung, maka dia punya kewajiban juga untuk bisa berbagi. Dengan begitu, keadilannya juga terjalankan. Tidak hanya dari sistem transaksinya yang memang berbasis pada pemerataan, tapi secara pribadi pun kita harus perlu memberikan bagian yang kita miliki untuk berbagi dengan pihak lain tersebut sebagai circle atau lingkaran keberkahan,” tutupnya.

Nah itu dia cara mendorong anak muda agar dapat merdeka secara finansial.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here