Thursday, 25 April 2024
HomeOtomotifCapai 10,9% yoy, Industri Otomotif Perkuat Ekonomi Nasional

Capai 10,9% yoy, Industri Otomotif Perkuat Ekonomi Nasional

Bogordaily.net – Industri alat angkutan atau yang tumbuh mencapai 10,95 persen year-on-year (yoy) hingga kuartal keempat tahun 2022 menjadi tren positif bagi nasional, melalui insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP).

“Roda empat penjualan di bulan Januari naik mendekati 12 persen dibandingkan tahun lalu. Kumulatif jumlah pembelian domestik juga 1.048 juta unit, naik 18 persen,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, saat Opening Ceremony (GJAW) 2023, Jumat, 10 Maret 20223.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga berharap, pengembangan kendaraan listrik di Indonesia semakin masif seiring mengalirnya investasi dari pabrikan kendaraan listrik, baik roda empat maupun roda dua.

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan insentif tahap awal untuk kendaraan sepeda motor listrik, sebesar Rp 7 juta per unit untuk pembelian 200 ribu unit sepeda motor listrik baru dan 50 ribu unit sepeda motor konversi dari konvensional ke listrik.

Baca juga : Berapa Harga Motor Listrik Volta, Gesits, dan Selis setelah Dapat Subsidi?

Pemberian insentif sepeda motor listrik baru diprioritaskan untuk masyarakat produktif, di antaranya penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), termasuk keluarga penerima subsidi listrik (450VA dan 900VA).

Menutup sambutannya, Menko Airlangga menyampaikan apresiasi kepada Gaikindo atas terlaksananya GJAW 2023 untuk memamerkan perkembangan industri Indonesia dan menciptakan pasar yang kuat.

“Semangat pameran kali ini tentunya diapresiasi, karena dana pihak ketiga di perbankan jumlahnya besar. Silakan industri , industri properti untuk menyerap karena ini akan menumbuhkan perekonomian nasional,” pungkas Menko Airlangga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here