Monday, 29 April 2024
HomeBeritaCara Agar Kuat Menahan Lapar saat Puasa, Salah Satunya Perbanyak Serat

Cara Agar Kuat Menahan Lapar saat Puasa, Salah Satunya Perbanyak Serat

Bogordaily.net–  agar kuat menahan lapar saat , berikut bisa kamu lakukan saat menjalankan ibadah di bulan suci. Salah satu tantangan menjalankan ibadah yakni menahan haus dan lapar. Lalu bagaimana agar kuat menahan lapar saat ? Simak ulasan berikut ini yuk.

Saat perut yang tadinya terisi oleh makanan dan minuman secara rutin perlu menyesuaikan diri tanpa asupan selama lebih dari 12 jam. Nah, rasa lapar dan haus ini akan muncul saat waktu makan siang tiba.

Saat kamu tidak makan dan minum bukan tidak mungkin tubuh menjadi lemas dan membuatmu malas beraktivitas. Untuk menyiasatinya, ikuti tips agar kuat berikut ini sebagaimana dilansir dari laman Halodoc.

Perbanyak serat

Mengonsumsi banyak serat dapat menahan kenyang lebih lama. Sebab, tubuh perlu mencerna serat lebih lama daripada jenis makanan lainnya. Proses pencernaan yang lebih lama ini memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu perbanyak makan sayur dan buah saat sahur agar tubuh merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Sikat Gigi dan Berkumur saat Puasa Apa Hukumnya?

Perbanyak makanan yang tinggi cairan

Asupan cairan penting untuk mencegah tubuhmu terkena dehidrasi. Kamu tetap harus minum minimal delapan gelas setiap harinya. Agar tidak mudah kembung, sebaiknya kamu membagi konsumsinya. Tiga gelas saat sahur dan berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

Selain itu sebaiknya kamu kurangi konsumsi kopi. Sebab kandungan kafein pada kopi akan membuat kamu lebih mudah haus. Kamu juga bisa memilih makanan yang tinggi kandungan air.

Hindari terlalu banyak karbohidrat

Rasa kenyang yang didapatkan dari karbohidrat hanya sementara. Ketika terlalu banyak karbohidrat, tubuh justru akan mengalami lonjakan gula secara tiba-tiba dan akan menurun dengan cepat. Akibatnya tubuh malah akan lebih cepat lemas dan kekurangan energi saat tengah hari.

Minum vitamin

Konsumsi vitamin B12 dan C. Kedua vitamin ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh kamu sekaligus sebagai penambah energi. Pakar kesehatan asal Oxford, dr. Razeen Mahroof menyebut kebutuhan vitamin pada tubuh tetap harus diperhatikan selama berpuasa, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Berbuka dengan yang manis

Awali waktu buka dengan meminum teh tawar atau air putih hangat untuk membasahi lambung, sehingga siap bekerja kembali. Makanan manis dianjurkan untuk menu berbuka, karena tubuh memerlukan asupan gula untuk mengganti gula darah yang terpakai selama kamu berpuasa. Meski demikian, agar kalori tidak bertumpuk, jangan berlebihan dalam konsumsi makanan manis.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here