Friday, 19 April 2024
HomeOtomotifCara Hemat BBM Agar Kendaraan Irit Bahan Bakar

Cara Hemat BBM Agar Kendaraan Irit Bahan Bakar

Bogordaily.net– Cara hemat berikut bisa kamu lakukan jika ingin irit bahan bakar. Di tengah harga (bahan bakar minyak) yang selalu mengalami kenaikan, kamu bisa menghemat dengan cara berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Service Kendaraan Berkala

Cara hemat bisa dilakukan dengan service kendaraan secara rutin. Service setiap 3 bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5000 Km.

Dilansir dari laman Goodyear dengan service secara berkala, maka saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaik dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Periksa Tekanan Angin pada Ban

Setiap kali roda berputar, permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan. Dalam dunia otomotif disebut dengan rolling resistance atau tahanan gulir. Kondisi ini akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Secara natural, tekanan angin berkurang 2 psi setiap bulan rata-rata pada ban, dipakai atau tidak karena sifat kompon karet yang berpori. Oleh karena itu selalu periksa tekanan angin pada ban.

Pakai AC secara Efektif

Saat AC dinyalakan, tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga 5 PK untuk menggerakan kompresor dan sistem yang terkait. Jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya saat melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

Baca Juga: Cara Merawat Helm Doff, Simple dan Mudah

Perhatikan Filter Udara

Filter udara yang sudah terlalu kotor pada kendaraan akan membuat boros bahan bakar. Filter yang sudah tersumbat debu dan kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk mengisap udara bersih. Sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000-3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Pakai bahan bakar yang tepat

Menggunakan bahan bakar yang tepat mempengarungi efisiensi . Bahan bakar kualitas bagus akan menjamin pembakaran lebih baik sehingga tidak banyak yang digunakan. Kamu akan bisa lebih hemat menggunakan .

Sesuaikan batas kecepatan

Cara mengirit dilansir dari laman Suzuki yakni sesuaikan batas kecepatam. Setiap mobil memiliki standar atau batas kecepatan yang berbeda. Kamu hanya perlu mengetahui batas kecepatan sesuai standar yang telah ditentukan. Efisiensi sangat berpengaruh dari kecepatan ketika mengendarai.  Jika sering mengendarai dalam kecepatan di atas standar atau sebaliknya di bawah standar, akan lebih boros.

Tambah Kecepatan dengan tepat

Ketepatan dalam menambah kecepatan juga berpengaruh besar terhadap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Kamu harus tahu kapan menekan pedal gas yang dalam dan kapan harus menguranginya. Jika sering menekan pedal gas terlalu dalam kemudian mengerem mendadak atau mengurangi kecepatan drastis, maka akan terkuras banyak. Hal ini bisa terjadi ketika Anda sering ngebut di jalan bebas hambatan.

Jangan Nyalakan Mesin saat Berhenti Lama

Matikan mesin saat kendaraan berhenti. Kamu mungkin tidak bisa menghindari mematikan mesin ketika berada di jalanan macet.  Namun jika sedang berhenti karena menunggu orang lain atau sedang parkir, sebaiknya matikan mesin.

Gunakan Gigi yang Sesuai

Kesalahan yang tanpa disadari sering dilakukan yakni dalam penggunaan gigi. Misalnya memakai gigi rendah terus menerus. Atau menggunakan gigi tinggi saat melewati area jalan menanjak. Gigi rendah sebaiknya digunakan untuk jalan tanjakan. Jika memaksakan gigi tinggi, konsumsi bahan bakar justru lebih banyak.

Kurangi Beban Mobil

Mesin akan bekerja keras untuk membawa beban pada mobil. Semakin banyak bebannya tentu bahan bakar yang digunakan juga semakin besar. Sebaiknya hindari menempatkan benda yang terlalu berat di dalam mobil. Apalagi jika kamu tidak menggunakan benda tersebut sebaiknya keluarkan dari dalam mobil.

Itulah cara hemat BBM yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Selamat mencoba.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here