Tuesday, 19 March 2024
HomeOtomotifCara Mengatasi Mobil Mogok Mendadak di Tengah Jalan

Cara Mengatasi Mobil Mogok Mendadak di Tengah Jalan

Bogordaily.net – Tiba-tiba saja di tengah-tengah kita berkendara adalah kondisi yang cukup memusingkan dan bikin panik. Bagaimana cara mengatasi di ?

Sebenarnya, mobil mogok mendadak bisa dibilang hal yang lumrah terjadi yang akan dirasakan para pengemudi. Namun, bila di malam hari atau di jalan tol yang bikin kita panik dan tak tahu harus berbuat apa.

Berikut cara mengatasi mendadak sebagai ikhtiar kita agar mobil bisa kembali normal.

1. Dorong ke pinggir jalan

Saat kita merasa mesin mobil akan mati, segera kemudikan mobil menuju bahu jalan atau pinggir jalan sebelum benar-benar mesin mobil akan mati. Akan tetapi, bila ternyata mesin mobil mendadak mogok atau mati, maka kamu bisa mendorong atau meminta bantuan orang lain untuk mendorong mobil ke pinggir jalan.

Mendorong mobil ke pinggir jalan merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk terhindar dari potensi kemacetan panjang atau bahkan kecelakaan lalu lintas.

2. Pasang Segitiga Pengaman atau Nyalakan Lampu Hazard

Cara ini bisa Anda gunakan jika di malam hari, sebab menggunakan segitiga pengaman atau menyalakan lampu hazard dapat berfungsi sebagai tanda agar pengguna jalan lainnya berhati – hati saat melintasi mobil Anda.

Sebaiknya meletakkan segitiga pengaman sejauh 3 sampai 10 meter dari tempat mobil diparkirkan atau beri tanda di jalanan sebelum tikungan atau tanjakan.

3. Periksa Lampu Indikator

Langkah berikutnya, yakni Anda perlu memeriksa lampu indikator mobil untuk mengetahui masalah pada komponen mobil seperti air radiator, rem, oli, aki, dan lain sebagainya,

Perlu diketahui, jika Anda memeriksa lampu indikator maka bisa langsung tahu masalah yang menyebabkan .

4. Cek Sekring Mobil

Nah, ada cara lain juga nih. Yakni dengan memeriksa sekring mobil yang berhubungan dengan mesin. Bisa jadi sekring mesin mobil mengalami kendala longgar atau putus. Jika ada yang putus, kemungkinan bisa menjadi penyebab mesin mobil sulit hidup.

5. Periksa Bahan Bakar

Selain itu, cek bahan bakar kendaraan Anda apakah masih tersedia atau tidak melalui indikator pada panel meter. Sebab jika bahan bakar tidak cukup, dapat menjadi penyebab mobil Anda mogok.

6. Cek komponen kerusakan dan lakukan perbaikan
Setelah tahu komponen mana yang rusak, maka kamu bisa langsung memeriksanya. Misalnya, apabila indikator menunjukkan oli yang habis, itulah tanda kalau kamu harus segera mengisi oli tersebut.

Jika ternyata ada indikasi kerusakan pada karburator rusak maka segera hubungi pihak bengkel resmi terdekat.

Itulah tadi cara mengatasi mendadak ditengah jalan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here