Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorDisabilitas Jadi PNS di Kota Bogor, Bima Arya Siap Dorong Kembangkan Karir

Disabilitas Jadi PNS di Kota Bogor, Bima Arya Siap Dorong Kembangkan Karir

Bogordaily.net – Seorang pemuda asal Bandung, berdomisili di wilayah Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor Galih Purnama, penyandang penglihatan (Netra) resmi menjadi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 ini diambil sumpah janji pada, Selasa, 7 Maret 2023 di Lapangan Jalan Harmonis, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Galih mengalami penurunan penglihatan sejak 2006 hingga 2018, saat itu dirinya divonis mengalami Retinitis pigmentosa.

“Usia 18 tahun ketika keluar SMA dinyatakan bahwa saya itu nantinya tidak akan bisa melihat, akan mengalami penurunan daya lihat gitu secara bertahap,” katanya.

Meski kondisinya mengalami kebutuhan khusus, itu tidak membuatnya berputus asa.

Dari 262 peserta yang diambil sumpah janji , Galih Purnama merupakan peserta berkebutuhan khusus penyandang netra yang berhasil lolos CPNS di Kota Bogor.

Pria lulusan D4 Kesejahteraan Sosial itu bercerita bahwa motivasinya mengikuti tes CPNS pada 2021 lalu yakni ingin bermanfaat untuk masyarakat, keluarga, tidak hanya untuk dirinya sendiri.

“Meski saya , tapi tetap dari hati saya pengen jadi orang yang bermanfaat gitu, tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk bangsa dan negara gitu,” katanya.

Tantangan dan proses yang dihadapi dalam menjalani serangkaian persyaratan dan tahapan pelaksanaan tes dilaluinya dengan sabar dan tekun.

Ia meyakini bahwa, setiap kesulitan selalu memiliki solusi untuk menyelesaikan persoalan.

“Antisipasinya dengan cara belajar, berlatih, walaupun saya tidak bisa melihat tapi ya dengan terus belajar dan berlatih pasti bisa, Insya Allah,” ujar Galih.

Ia mengakui mendapat informasi penerimaan CPNS dari media yang kemudian ditindaklanjuti dengan mencari formasi yang menerima peserta kebutuhan khusus.

Dengan dibantu temannya, Galih menelusuri daerah yang menerima di Jawa Barat, saat itu ia menemukan Kota Bogor menerima peserta dari untuk menjadi analis kemasyarakatan di Kecamatan Bogor Selatan.

“Terus saya daftar. Sebelum daftar saya juga sempat nanya apakah netra bisa, karena saya pikir analis butuh penglihatan. Ternyata Alhamdulillah Pemerintah Kota Bogor sangat terbuka, saya dipersilahkan untuk daftar. Karena kata Pemkot itu kalau misalkan persyaratan dan tesnya lulus, Pemkot terbuka siapa saja,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada , Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan Kepala BKPSDM yang sudah membuka formasi dan memberikan kesempatan kepada untuk ikut tes.

Baca juga : Catat, Ini Jadwal Layanan SIM Keliling di Kota Bogor

“Dan Alhamdulillah selama satu tahun ini berjalan dengan lancar, memberikan layanan ke masyarakat sebagai analis kemasyarakatan di Bogor Selatan berkat dukungan dan bantuan dari atasan, rekan kerja yang selalu support,” katanya.

Melihat semangat dan perjuangan Galih Purnama, Bima Arya pun menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah memilih untuk mengabdi melayani masyarakat Kota Bogor.

“Nanti saya akan menempatkan Galih tadi di lingkungan Balai Kota untuk mencari posisi yang tepat, karena saya ingin memberikan apresiasi, membantu mengembangkan karirnya beliau ya,” katanya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here