Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorDPKPP Kabupaten Bogor: Tidak Semua Rumah Terdampak Bencana Dapat Bantuan Huntap

DPKPP Kabupaten Bogor: Tidak Semua Rumah Terdampak Bencana Dapat Bantuan Huntap

Bogordaily.net–  Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor menyatakan tidak semua pemilik rumah yang terdampak  tanah longsor maupun pergeseran tanah mendapatkan bantuan hunian tetap atau huntap.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, hal tersebut disebabkan tidak tersedianya lahan pengganti, seperti korban  yang terjadi di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

“Dari kejadian  tanah longsor maupun pergeseran tanah seperti di Kecamatan Sukajaya, Cigudeg, Pamijahan, Sukamakmur dan Babakan Madang, hanya di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang saja yang tidak dibangun Huntap,” kata Ajat Rochmat Jatnika.

Baca Juga: DPKPP Kejar Target Pembangunan RTLH di Kabupaten Bogor

Selain tidak tersedianya lahan, kata Ajat, alasan lain karena harga lahannya yang jauh lebih mahal dibanding lahan di kecamatan terdampak tanah longsor maupun pergeseran tanah.

“Lahan di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang juga mahal permeternya. Selain itu juga ada alasan geologis, hingga kami lebih memilih opsi revitalisasi atau rehab penuh atau bangun ulang sesuai konstruksi anti gempa serta membangun insfrastruktur lain untuk mencegah terulangnya  serupa,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam upaya pembangunan Huntap, Pemkab Bogor juga dibantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemprov Jawa Barat dan pihak-pihak swasta.

“Ada Huntap yang dana pembangunannya dari BNPB, Pemprov Jawa Barat dan pihak swasta. Pemkab Bogor dengan anggaran yang terbatas pada tahun ini membangun ribuan Huntap, baik itu di Kecamatan Sukamakmur, Sukajaya maupun Nanggung,” ujar Ajat.

Ia menambahkan, selain membangun huntap, pihaknya juga membangun prasarana, sarana dan utilitas. Seperti rumah ibadah, lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan lainnya.

“Dalam pembangunan Huntap, kami pastinya memperhatikan keamanan dan  kenyamanan masyarakat yang akan menghuni hunian tersebut,” ungkapnya.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here