Saturday, 11 May 2024
HomeBeritaWalhi Jabar Sebut Event Motor Trail Ranca Upas Bandung Rusak Fungsi Ekologis...

Walhi Jabar Sebut Event Motor Trail Ranca Upas Bandung Rusak Fungsi Ekologis dan Pertanian Warga

Bogordaily.net – Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Barat mengecam keras event yang bertema ‘Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023,” di Kawasan Ranca Upas, Kabupaten yang diselenggarakan pada Minggu, 5 Maret 2023.

Menurut Ketua , Meiki W Paendong bahwa, event tersebut bukan kali pertama terjadi.

Aktivitas yang masuk yang masuk sampai ke kawasan hutan yang di situ mempunyai fungsi ekologis yang sangat tinggi, yang akhir ekosistem yang ada di sana jadi terganggu.

Baca juga : Viral Petani Bunga Edelweis Ngamuk Tanamannya Dirusak Peserta Motor Trail

“Jadi kenapa yang akhir kami mengecam keras dampaknya tidak hanya terjadi pada dampak lingkungan, namun dampak sosial juga terjadi karena berdasarkan pemantauan kawan-kawan di Selatan ada juga milik warga yang juga rusak,” kata Meiki kepada wartawan.

dan pencinta lingkungan berharap kejadian event tidak terulang lagi, tidak hanya di kawasan Ranca Upas namun di daerah lainnya yang memang memiliki kelestarian alam.

Meiki juga menyebut bahwa, selama pelaksanaan event tersebut tidak ada laporan, termasuk pihaknya menduga ada kejanggalan pengelola kawasan tidak mengetahui hal itu.

“Ia tidak mungkin acara itu akan digelar satu sampai dua hari perencanaan membuka jalur itu kan perlu waktu, jadi ini yang kami curigai ada kejanggalan dugaan keterlibatannya pengelola kawasan yang memberikannya ijin,” katanya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here