Friday, 29 March 2024
HomeBeritaFC Barcelona Didakwa Suap Wasit, Ini Duduk Perkaranya!

FC Barcelona Didakwa Suap Wasit, Ini Duduk Perkaranya!

Bogordaily.net didakwa menyuap , kasus ini sangat menggemparkan jagat sepak bola dunia.

Salah satu klub sepak bola terbesar di dunia ini terjerat skandal korupsi yang diduga melibatkan sejumlah mantan petinggi klub.

Pengadilan Barcelona baru saja mengumumkan keputusan bahwa klub tersebut didakwa melakukan tindakan korupsi terkait pembayaran sejumlah uang kepada mantan wakil presiden komite Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira.

Kasus ini dikenal dengan sebutan Skandal Negreira, dan masih dalam tahap penyelidikan.

Baca Juga: Curhat Orang Tua Arya Saputra, Siswa SMK Bina Warga Bogor yang Tewas Dibacok

Duduk Perkara Dakwaan Suap

Menurut penyelidikan yang telah dilakukan, Barcelona diduga telah membayar total 7,3 juta euro (sekitar 120,3 miliar rupiah) selama periode 2001 hingga 2018 ke rekening dua perusahaan milik Negreira, yaitu DASNIL dan NILSAT.

Pembayaran ini diduga sebagai bagian dari kerja sama antara Barcelona dan Negreira untuk kepentingan pertandingan.

Klub diduga memberikan suap agar mereka mendapatkan keuntungan, termasuk dalam menentukan soal perekrutan dan keputusan-keputusan selama pertandingan.

Menurut pernyataan dari kejaksaan setempat, “ menjalin kesepakatan rahasia dengan Negreira.

Sebagai wakil presiden komite , Negreira akan melakukan tindakan untuk menguntungkan Barca melalui , dengan imbalan uang yang diberikan oleh klub.”

Adapun Jose Negreira sendiri, yang pernah menjabat di komite wasit dari 1994 hingga 2018, juga dihadapkan pada tuntutan korupsi secara individual.

Selain itu, dua mantan Presiden Barcelona, Josep Bartomeu (2014-2020) dan Sandro Rosell (2010-2014), juga terlibat dalam kasus ini.

Menanggapi hal ini, pihak Barcelona sendiri sebelumnya tidak membantah telah menyetor sejumlah uang kepada Negreira. Namun, klub tersebut masih akan menjalani proses persidangan atas tuduhan korupsi ini.

Tuduhan korupsi yang menjerat Barcelona ini tentunya menjadi guncangan yang cukup besar bagi klub yang memiliki penggemar di seluruh dunia.

Selain itu, kasus ini juga menunjukkan betapa korupsi masih menjadi masalah yang cukup besar dalam dunia sepak bola, yang seharusnya menjadi ajang untuk menginspirasi dan menghibur masyarakat.

Oleh karena itu, kasus suap wasit ini perlu adanya tindakan tegas dari pihak berwenang agar kasus-kasus korupsi semacam ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here